oleh

Antisipasi Ancaman Bencana di Selatan Jawa, Kemensos Bentuk KSB dan Tingkatkan Kesiagaan – Daerah

Slot SimakNews.com – Antisipasi Ancaman Bencana di Selatan Jawa, Kemensos Bentuk KSB dan Tingkatkan Kesiagaan – Daerah,

Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Mensos Risma bicara antisipasi potensi bencana gempa & tsunami di selatan Pulau Jawa, Sabtu (5/6)/2021). Foto: Humas Kemensos

jpnn.com, SURABAYA – Kementerian Sosial (Kemensos) terus meningkatkan kesiapsiagaan mengantisipasi kemungkinan terjadi bencana gempa hingga tsunami di zona megathrust selatan Pulau Jawa sebagaimana dihinggakan Badan Meteorologi, Klimatologi, & Geofisika (BMKG).

Antisipasi itu dilakukan dengan membekali masyarakat di kawasan tersebut, serta mendirikan & memperkuat Kampung Siaga Bencana (KSB). Kemensos juga akan menggandeng Komando Pasukan Khusus (Kopassus) untuk pelatihan penanganan bencana tersebut.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan sudah dua kali mengerjakan video conference dengan kepada dinas sosial yg daerahnya rawan bencana.

Slot info lainnya:
  • Kemensos Berikan Layanan Multifungsi untuk PPKS di 41 Balai

“Termasuk dengan kepala daerah di kawasan selatan Jawa Timur. Aku sudah perintahkan stafku untuk terus membantu pemda di selatan Jawa, dari Pacitan, Tulungagung, Trenggalek, Blitar, Malang Selatan, Lumajang, hingga Banyuwangi,” mengatakan Mensos Risma -panggilan Tri Rismaharini di Surabaya (5/6).

Kesiagaan Kemensos tidak lepas dari sinyalemen yg dihinggakan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam webinar kajian & mitigasi gempabumi & tsunami di Jawa Timur (Jatim), akhir Mei lalu.

Dia mengatakan, berdasarkan penelitian & pemodelan BMKG, wilayah selatan Jatim menyimpan potensi bencana gempa & tsunami yg cukup besar. Tetapi belum ada alat yg memprediksi secara tepat kapan bencana tersebut akan terjadi.

Slot info lainnya:
  • Mendadak, Semua Napi Diminta Keluar Sel, Petugas Menggeledah, Lihat Hasilnya

Mengantisipasi hal itu, langkah terbaru Kemensos adalah dengan membentuk dua KSB di Kabupaten Lumajang di Lapangan Desa Bulurejo, Tempursari, Lumajang (22/5).

Potensi bencana tsunami di Lumajang sangat besar karena berada di jalur pantai selatan, & erupsi gunung berapi dari Gunung Semeru.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *