oleh

Anggota DPR: Pemerintah perbaiki strategi tangani KKSB di Papua

-Umum-0 views

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp/pri.

Sehebat apa pun pendekatan keamanan kalau pemerintah tidak dapat menghadirkan keadilan & kesejahteraan sosial bagi masyarakat Papua akan jadi potensi gejolak.Jakarta (ANTARA) – Anggota Komisi I DPR RI Sukamta meminta pemerintah memperbaiki strategi penanganan kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) di Papua terkait dengan prajurit TNI yg wafat saat kontak senjata antara TNI & KKSB di Distrik Sugaja, Kabupaten Intan Jaya.

beincash

“Pemerintah semestinya segera mengerjakan evaluasi dalam penyelesaian masalah di Papua sehingga tidak ada lagi korban jiwa dari TNI & rakyat sipil,” mengatakan Sukamta di Jakarta, Rabu.

Sukamta mengemukakan hal itu terkait dengan prajurit TNI bernama Prada Ginanjar Arianda yg gugur saat terjadi kontak senjata antara TNI & KKSB di Distrik Sugaja, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Senin (15/1).

Sejak Januari 2021, mengatakan Sukamta, ada empat anggota TNI dari Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 400/Banteng Raiders gugur, padahal Yonif tersebut termasuk satuan spesifik TNI yg andal.

Baca juga: Kontak tembak TNI dengan KKB di Intan Jaya, Prada Ginanjar meninggal

Ia menilai kehilangan satu nyawa anak bangsa sangat mahal harganya. Oleh karena itu, pemerintah harus segera mengevaluasi langkah-langkah penyelesaian masalah di Papua sehingga tidak ada lagi korban jiwa.

“Kalau banyak prajurit TNI yg terus berguguran, jadi strategi yg dipakai pemerintah saat ini belum tepat sehingga perlu segera dievaluasi,” ujarnya.

Wakil Ketua Fraksi PKS itu meminta sikap pemerintah tidak boleh lemah dalam penanganan kelompok KKSB yg menyebabkan keadaan instabilitas keamanan berlarut-larut di Papua.

Menurut dia, terasa aneh kalau pemerintah belum dapat mengatasi KKSB di Papua, padahal dahulu ada persoalan gangguan keamanan di Aceh & ancaman kelompok teroris Santoso di Poso, dapat diselesaikan dengan operasi terpadu yg libatkan kekuatan punggawa spesifik TNI & Polri.

Baca juga: Tiga anggota KKB tewas ditembak ketika berusaha rebut senjata aparat

Ia meminta pemerintah mengatasi akar masalah di Papua yg intinya adalah ketidakadilan, perasaan terdiskriminasi, & ketertinggalan.

Menurut dia, sehebat apa pun pendekatan keamanan kalau pemerintah tidak dapat menghadirkan keadilan & kesejahteraan sosial bagi masyarakat Papua akan jadi potensi gejolak.

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2005397/anggota-dpr-pemerintah-perbaiki-strategi-tangani-kksb-di-papua

ligafox

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *