oleh

Alhamdulilah, Ada 2.515 ODGJ Akan Terima Vaksin Covid-19 – Daerah

Slot SimakNews.com – Alhamdulilah, Ada 2.515 ODGJ Akan Terima Vaksin Covid-19 – Daerah,

Seorang vaksinator menyiapkan vaksin Covid-19. Foto/ilustrasi: Ricardo/Slot Informasi Online

jpnn.com, TULUNGAGUNG – Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur menjadwalkan vaksinasi COVID-19 untuk 2.515 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di berbagai pelosok desa & kota daerah itu.

“Sudah kami persiapkan. Sementara data yg sudah terverifikasi ada 2.515 ODGJ,” mengatakan Kabid Pencegahan & Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung Didik Eka, Jumat.

Namun 2.515 ODGJ yang sudah masuk database itu belum semuanya memiliki nomor induk kependudukan. Sebagian dari mereka belum memiliki kelengkapan administrasi kewarganegaraan, sehingga tidak dapat langsung dapat ditangani (divaksin).

Slot info lainnya:
  • Tolong Jangan Mengucilkan ODGJ yg Telah Sembuh

“Yang sudah mempunyai NIK bakal langsung dimasukkan ke sistem untuk menerima vaksinasi. Tapi bagi yg belum, akan dimintakan terlebih dulu (NIK-nya) ke dispendukcapil,” terang Didik.

Dia mengatakan apabila NIK sudah, mereka dipastikan akan segera dimasukkan ke rencana vaksinasi covid-19.

Dijelaskan, vaksinasi terhadap ODGJ memerlukan perlakukan khusus. Pasalnya, sebagian besar mereka resisten terhadap orang lain. Apalagi jika harus diinjeksi. Sikap defensif atau bahkan agresivitas dapat saja muncul yg dapat membahayakan tim vaksiator.

Slot info lainnya:
  • Menkes Sebut ODGJ Menjadi Prioritas Sasaran Penerima Vaksin Covid-19

“Oleh karena itulah dalam pelaksanaannya nanti kami bakal bekerjasama dengan pihak desa, babinsa & bhabinkambtibmas untuk mengerjakan vaksinasi pada ODGJ di lingkungan masing-masing,” katanya.

Pelaksanaan vaksinasi pada ODGJ dilakukan bersamaan dengan masyarakat umum dalam gelombang ke tiga vaksinasi COVID-19.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *