oleh

Aldi Taher Salat Sambil Pegang Alquran, Sah atau Tidak Menurut Islam?

Aldi Taher [Evi Ariska/Suara.com]

Aksi Aldi Taher salat sambil pegang Alquran bikin warganet bertanya-tanya, sah atau tidak ibadahnya.

Simaknews.com – Aldi Taher menghebohkan jagat maya lantaran mereka ibadah salatnya bersama istri, Salsabilih. Terlebih, ia salat sambil memegang Alquran di tangan kirinya.

Sontak, hal itu menciptakan warganet bertanya-tanya soal hukum salat sambil membawa Alquran. Dikonfirmasi ke salah satu alim ulama, Ustad Solmed, hal itu sah-sah saja.

“Oh nggak apa-apa, itu juga dilakukan kok oleh para ulama (salat sambil membawa Alquran). Dan nabi juga pernah menggendong cucunya waktu salat,” mengatakan Ustaz Solmed kepada Suara.com, Rabu (4/11/2020).

72549 ustaz solmed 1604484254 -Ustaz Solmed di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Minggu (5/5/2019). [Ismail/Suara.com]

Kendati demikian, hal itu tidak wajib hukumnya, membawa kitab suci saat beribadah adalah sunah.

Baca Juga: Salat Sambil Bawa Alquran, Aldi Taher Bikin Warganet Bingung

Membawa Alquran saat salat biasanya bertujuan untuk membaca surat panjang yg belum dihapal untuk dijadikan bacaan usai membaca surat Al-Fatihah.

“Boleh saja karena pada prinsipnya kan itu sesuatu yg tidak wajib. Membaca surat setelah Al-Fatihah itu kan hukumnya sunah. Tapi ada orang harap mengejar bacaan-bacaan yg sifatnya lebih sempurna, sehingga hapal belum, jadi dibantu dengan membaca Alquran,” jelas Ustad Solmed.

“Yang jadi rukun salat kan Al-Fatihah, nggak pakai baca surat lain pun boleh, hukum fiqih begitu. Hanya saja ada orang yg harap mengamalkan. Misalnya ada orang yang, ‘hari ini saya baca Al-Baqarah (usai Al-Fatihah) hingga entah kapan selesai, ada yg begitu tetapi itu tidak wajib,” sambungnya.

Akan tetapi, posisi memegang Alquran saat salat ada baiknya dipegang mengpakai tangan kanan.

Diketahui, dalam video Aldi Taher, ia memegang kitab suci umat muslim itu dengan tangan kiri.

Baca Juga: Ustaz Solmed Komentari Soal Banyak Artis yg Jadi Mualaf

“Nggak ada masalah, cuma kalau adabnya (memegang Alquran) di kanan,” kata Ustaz Solmed.

Lebih lanjut, soal aksi Aldi Taher merekam kegiatan solatnya, hal itu juga tak jadi soal. Riya atau tidak, cuma ia & Tuhan yg tahu, Wallahualam, cuma Allah yg mengetahui kebenaran niatnya.

“Nggak masalah, selama yg salat tidak memvideokan. Sama saja seperti salat direkam cctv, sama seperti itu. Wallahualam (Riya atau tidak)” tutur ustad Solmed.

12

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *