oleh

Aduan Jordi Onsu ke Ridwan Remin Sudah Dicabut, KPAI Tetap Proses

Komika Ridwan Remin saat ditemui awak media usai memenuhi panggilan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) terkait materi komiknya yg menyinggung keluarga Ruben Onsu di Kantor KPAI, Jakarta Pusat, Senin (15/2/2021). [Simaknews.com/Alfian Winanto]

Ridwan Remin menerima dengan baik masukan dari KPAI.

Simaknews.com – Komika Ridwan Remin dilaporkan adik Ruben Onsu, Jordi Onsu usai viral video menyinggung Betrand Peto lewat aksi stand up komedinya. Meski begitu, laporan tersebut kemudian dicabut.

beincash

Hal ini dihinggakan Susanto selaku Ketua KPAI saat dijumpai di kantornya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/2/2021). Tak dijelaskan detail kapan Jordi Onsu mencabut laporannya, kendati demikian, KPAI tetap memprosesnya.

“Saya agak lupa tanggalnya terkait pencabutan (laporan),” ujar Susanto.

Baca Juga: Tak Merasa Bersalah, Ridwan Remin Ogah Minta Maaf ke Ruben Onsu

“Tetapi sekali lagi KPAI bekerja tidak semata-mata berbasis pengaduan. Tapi juga berbasis hasil pengawasan,” ujar Susanto menambahkan.

Dijelaskan Susanto, memang ada unsur pelecehan dalam materi komedi Ridwan Remin itu. Komika jebolan ajang pencarian talenta itu diduga menyinggung Betrand Peto yg statusnya masih di bawah umur.

“Ya ada (menyinggung Betrand) kata-kata yg memang butuh kami luruskan lah. Tapi Mas Ridwan sudah sangat welcome, ke depan harap memperbaiki. Saya kira ini tantangan sekaligus peluang untuk semua komedian & para pekerja seni,” tutur Susanto.

Susanto menegaskan, Ridwan Remin sudah hadir dalam pemanggilan pihak KPAI hari ini. Ridwan disebut sudah mengklarifikasi & berniat memperbaiki materi komedinya ke depannya.

“Ya prinsipnya begini, Mas Ridwan tadi menyampaikan ke kami input yg dihinggakan KPAI beliau terima dengan baik. Dan ke depan masukan-masukan KPAI sangat diperhatikan untuk perbaikan,” bebernya.

Baca Juga: Sambangi KPAI soal Kasus Betrand Peto, Ridwan Remin Dinasihati Begini

Lebih lanjut, Susanto menjelaskan terkait adanya pelanggaran pada materi komedi Ridwan Remin. Terutama diksi yg merujuk ke anak yg dibicarakan, dalam hal ini Betrand Peto.

“Menghibur memang harus. Tapi bagaimana punya tanggung jawab memberikan proteksi kepada anak, supaya memilih kata-kata yg aman, diksi yg sehat & tidak mengpakai kata-kata verbal. Apalagi bermuatan multitafsir yg merapat dengan hal yg tidak kita harapkan,” ujarnya.

Susanto menegaskan masih banyak hal-hal yg perlu diklarifikasi & didalami. Sehingga, belum tahu ke depannya apakah kedua belah pihak akan dipertemukan atau bagaimana.

“Kami masih terus telaah & nanti akan kami lihat lebih jauh,” kata Susanto.

56101-ruben-onsu-suaracomherwanto-1613412320Ruben Onsu [Simaknews.com/Herwanto]

Seperti diberitakan sebelumnya, Ridwan Remin sempat mengunggah video stand up show di channel Youtubenya tahun 2019. Di salah satu bagiannya, ada bagian ia membicarakan Betrand Peto & Sarwendah Tan.

Bahkan, Ridwan Remin sempat menyinggung mengatakan “sange” ke dalam materi roastingnya, diduga membicarakan soal Betrand Peto & Sarwendah Tan. Hal itu kemudian jadi permasalahan hingga akhirnya menciptakan Jordi Onsu melaporkannya ke KPAI.

ligafox

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *