oleh

Ace Hasan minta permasalahan distribusi bansos segera diselesaikan

Slot SimakNews.com – Ace Hasan minta permasalahan distribusi bansos segera diselesaikan,

Ketua Komisi VIII DPR RI yg juga menjabat sebagai Ketua Panja Revisi UU 24/2007 Tb. Ace Hasan Syadzily saat memaparkan materi dalam rapat koordinasi nasional penanggulangan bencana 2021 secara virtual, Rabu (10/3/2021). (ANTARA/Tangkapan Layar Youtube BNPB)

Jakarta (ANTARA) – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily meminta seluruh pihak terkait segera menyelesaikan persoalan distribusi bantuan sosial (bansos) yg masih terjadi & ditemukan belakangan ini.

“Harus secepatnya diselesaikan berbagai pihak terkait dengan pelaksanaan bansos, Komisi VIII sudah beberapa kali mengingatkan soal ini,” mengatakan Ace saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Selain merujuk temuan lapangan saat mengerjakan kunjungan kerja spesifik Komisi VIII DPR RI bersama Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini ke Kabupaten Bandung, pada hari Jumat (27/8), Ace turut menyoroti temuan Mensos Risma mengenai dugaan monopoli beras bansos di Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (28/8).

Dia mengatakan bahwa pada implementasinya di lapangan, bansos masih diliputi banyak masalah, mulai dari pendataan penerima bantuan, pengadaan, hingga distribusinya.

Baca juga: Mensos cek bansos bermasalah di Lumajang

“Terutama soal data ternyata masih ditemukan orang yg meninggal pun terdata sebagai penerima bantuan sosial, seperti yg kami temukan langsung di Bandung,” tutur Ace.

Selain itu, tambah dia, pengadaan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yg nilai komoditasnya di atas rata-rata & kualitasnya tidak sesuai asa juga masih kerap ditemukan.

Dia meminta Kementerian Sosial (Kemensos) segera menyelesaikan permasalahan bansos yg terus berlarut-larut dengan membenahi sistem yg selama ini ditemukan bermasalah.

“Segera selesaikan sistemnya. Kan masalahnya sudah jelas, sudah terlalu berlarut-larut soal bansos ini tidak diselesaikan,” tegas Ace.

Baca juga: DPR sesalkan ribuan Kartu Bansos belum cair, kendala di Himbara

Sementara itu, Ace mengatakan Komisi VIII DPR RI juga akan mengundang Himbara (Himpunan Bank-Bank Negara) yg ditugaskan untuk menyalurkan dana bantuan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Ace sudah menyoroti masalah distribusi bansos saat mengerjakan kunjungan kerja spesifik Komisi VIII DPR RI bersama Menteri Sosial ke Kabupaten Bandung, Jumat (27/8).

Dalam kesempatan itu, Ace menyebutkan beberapa permasalahan seperti masih tertahannya penyaluran bansos dari kartu Program Keluarga Harapan (PKH) hingga distribusi ribuan Bantuan Sosial Tunai (BST) yg belum terdistribusikan kepada penerimanya karena berbagai sebab.

“Temuan ini harus segera diselesaikan karena bansos ini akan terus diberikan oleh pemerintah & Komisi VIII DPR RI beserta anggota harap memastikan jalan keluarnya, termasuk memastikan supaya bansos yg melalui perbankan itu betul-betul terdistribusikan ke masyarakat,” mengatakan Ace.

Baca juga: Pemprov DKI siapkan bansos anak yatim piatu korban COVID-19

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2358990/ace-hasan-minta-permasalahan-distribusi-bansos-segera-diselesaikan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *