oleh

1.000 personel TNI-Polri & Ormas amankan Paskah di Timika

Aparat TNI-Polri dibantu Ormas yg terlibat dalam pengamanan Paskah 2021 di Mimika mengikuti apel gelar punggawa di Lapangan Timika Indah, Kamis (1/4/2021). ANTARA/Evarianus Supar.

Timika (ANTARA) – Sekitar 1.000 personel gabungan TNI & Polri ditambah organisasi masyarakat akan terlibat dalam pengamanan kebaktian & misa Paskah 2021 di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

beincash

Kepala Polres Mimika, AKBP IGG Era Adhinata, di Timika, Kamis, mengatakan selain personel TNI & Polri yg berjumlah 500 orang, pengamanan seremoni Paskah juga dibantu oleh sejumlah ormas di wilayah itu seperti kelompok paguyuban-paguyuban, Satuan Polisi Pamong Praja Pemkab Mimika, Forum Kerukunan Umat Beragama & lainnya.

“Terima kasih kepada ormas-ormas yg begitu antusias mendukung pengamanan Paskah 2021 yg akan dimulai pada Kamis malam ini (perayaan Kamis Putih) hingga Senin (5/4),” mengatakan Adhinata.

Guna memastikan keamanan di gereja-gereja yg akan menggelar ibadah selama Pekan Suci, Tim Jihandak Brimob Batalyon B Polda Papua mengerjakan sterilisasi pada gereja-gereja akbar di Kota Timika seperti Gereja Katedral Tiga Raja.

Ia meminta dukungan para pemuda di masing-masing gereja, dibantu Pos Peduli Keamanan (Peka) terdekat untuk ikut memantau keamanan di lingkungan gereja masing-masing.

“Apabila ada hal-hal yg mencurigakan segera laporkan kepada aparat keamanan,” pintanya.

Jajaran Polres Mimika bersama kesatuan TNI setempat juga akan menggelar patroli gabungan di Timika untuk mengantisipasi munculnya berbagai kasus-kasus kejahatan seperti pencurian, jambret, mabuk-mabukan & lainnya yg dapat mengganggu kenyamanan umat kristiani yg akan melaksanakan ibadah.

Dalam rangka mengamankan seremoni Paskah 2021 di Mimika, pada Kamis siang digelar apel gabungan seluruh personel TNI & Polri serta ormas bertempat di Lapangan Timika Indah.Para komandan satuan TNI-Polri di Mimika mengikuti apel gelar punggawa pengamanan Paskah 2021 di Lapangan Timika Indah, Kamis (1/4/2021). ANTARA/Evarianus Supar

Komandan Pangkalan TNI AU Yohanis Kapiyau Timika, Letnan Kolonel Penerbang Surono, yg bertindak selaku inspektur upacara mengatakan pengamanan di rumah-rumah ibadah umat kristiani semata-mata untuk memberikan rasa aman, nyaman & tenteram bagi yg akan melaksanakan ibadah.

“Kehadiran regu pengamanan di berbagai gereja diharapkan dapat mendukung saudara-saudara umat kristiani untuk melaksanakan ibadah dalam suasana yg aman, nyaman & tenteram,” ujarnya.

Harapan serupa dihinggakan Komandan Kodim 1710/Mimika, Letnan Kolonel Infantri Yoga Cahya Prasetya.

Ia berharap seremoni Paskah 2021 di Mimika tahun ini berlangsung dalam suasana yg kondusif & damai, tanpa gangguan apapun.

“Kegiatan pengamanan yg dilakukan jangan hingga menciptakan masyarakat merasa tidak nyaman, jusru sebaliknya semua itu dalam rangka memberikan rasa kondusif & nyaman sehingga umat kristiani dapat melaksanakan ibadah Paskah dalam suasana yg khusuk,” mengatakan dia.

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/2076354/1000-personel-tni-polri-dan-ormas-amankan-paskah-di-timika

ligafox

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *