Home kesehatan TPID Sukadana Adakan Pelatihan PSDM Penyakit Stunting

TPID Sukadana Adakan Pelatihan PSDM Penyakit Stunting

85
0
SHARE
TPID Sukadana Adakan Pelatihan PSDM Penyakit Stunting

Sukadana,(SN) – Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Sukadana gelar pelatihan Pengembangan Sumberdaya Manusia (PSDM) mengenai Pengenalan, Pencegahan dan Penanganan Stunting se-Kecamatan Sukadana di Balai desa Pasar Sukadana, Rabu (26/6/19).

Acara ini turut  dihadiri oleh Camat Sukadana Muhdi, S.Sos., Tim Inovasi Kabupaten Lamtim Muraid, S.Sos, M.M,. 

adapun narasumber yaitu PSD Provinsi Lampung Dr.  Khoirul Anwar, M.Pd.I, Puskesmas Sukadana Bekti Deka Mardiana, Amd.Keb., P3MD kabupaten Lampung Timur Rahma Angelia, S.T.

Menurut Sobri, ketua pelaksana mengatakan kegiatan ini diikuti 43 peserta yang berasal dari 20 desa se-kecamatan Sukadana, PD, PLD, dan TPID. Yang bertujuan untuk memberikan pemahaman ke warga kecamatan Sukadana terhadap pencegahan dan  dampak penyakit Stunting pada tumbuh kembang anak.

Dihadapan seluruh peserta, Bekti menjelaskan Stunting adalah sebuah kondisi tinggi badan seseorang ternyata lebih pendek dibanding tinggi badan orang lain pada umumnya. Hal ini perlu  penanganan serius dengan memberikan asupan gizi pada ibu hamil dan balita serta menjaga lingkungan agar tetap bersih.

“Stunting disebabkan faktor Gizi buruk dan faktor penyakit lain seperti Diare. Dampak penyakit ini, bentuk tubuh anak yang pendek serta  perkembangan otak anak stunting menurun sebanyak 30 persen dari anak yang norma.” jelasnya.(Merly)