Home Desa Sebagai Pelayanan Untuk Masyarakat, Desa Kebon Damar Beli Mobil Ambulans

Sebagai Pelayanan Untuk Masyarakat, Desa Kebon Damar Beli Mobil Ambulans

860
0
SHARE
Sebagai Pelayanan Untuk Masyarakat, Desa Kebon Damar Beli Mobil Ambulans

Keterangan Gambar : Serah Terima Mobil Ambulans dari Pemerintah Desa kepada Poskesdes Desa Kebon Damar

Matarambaru,(SN)- Program Pembangunan Desa bersumber dari Dana Desa ( DD) Desa Kebon Damar, selain untuk pembangunan infrastruktur dan penguatan ekonomi masyarakat juga digunakan sebagai layanan kesehatan yakni satu unit mobil ambulans.

Penyerahan dilakukan langsung Kepala Desa Kebon Damar Sugiarto, Minggu (22/12/2019), kepada pengurus Poskedes disaksikan Sekcam Matarambaru Prayitno, Kepala UPTD Puskemas Matarambaru Sriyati dan seluruh aparatur desa dan Forkopincam Matarambaru.

Sugiarto Kepala Desa Kebon Damar mengatakan, pada tahun 2019 pembagunan bersumber dari Dana Desa yakni drainase di beberapa dusun. Sementara pada layanan kesehatan yakni pembelian satu unit ambulans merupakan kebutuhan penting yang diharapkan masyarakat.

"Kondisi Desa Kebon Damar merupakan daerah cukup jauh dari jangkaun puskesmas. Kendaraan ambulans tersebut, diserahkan kepada tim kesehatan desa untuk pelayanan 

masyarakat jika ada warga yang membutuhkan dalam kondisi darurat"jelas Sugiarto.

Sugiarto juga menyampaikan rasa terimakasih kepada masyarakat dan aparat desa yang selama ini telah bekerjasama membangun Desa Kebon Damar. Meskipun pada pilkades bulan kemarin dirinya tidak terpilih kembali dan terpilih kepala desa baru, berharap program pembangunan desa tetap berjalan sesuai rencana. 

Sugiarto juga meminta permohonan maaf jika selama ini memimpin Desa Kebon Damar terdapat kesalahan serta ada program pembangunan yang tidak sesuai keinginan masyarakat.

"Pilkades sudah selesai berharap masyarakat tetap bersatu membangun Desa Kebon Damar. Saat Pilkades berbeda pilihan hal wajar tetapi saat sekarang bersatu kembali membangun desa agar lebih baik, " tegas Giarto. 

Sementara Ismail Ali Camat Mataram Baru yang diwakili Sekcam Prayitno menyambut baik penyerahan kendaraan ambulans desa bersumber dari Dana Desa tersebut,berharap masyarakat menggunakan sebaik - baiknya.

Sedangkan untuk pengelolaan dana sosial sebagai biaya perawatan harus terbuka dan transparan agar tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari. Sebab dari rencana awal masyarakat untuk perawatan serta operasinal kendaraan ambulans akan dibeban seribu rupiah perkepala keluarga. Dana sumbangan tersebut,selain untuk operasional ambulans juga dapat keperluan masyarakat lainya yakni bedah rumah untuk warga miskin.

Sementara Sriyati Kepala UPTD Puskemas Mataram Baru sangat berterimakasih kepada Kepala Desa Kebon Damar yang menganggarkan dana desa untuk pembelian kendaraan ambulans untuk pelayanan kesehatan masyarakat. Sebab untuk melayani masyarakat di Kecamatan Matarambaru terdiri tujuh desa puskesmas hanya memiliki satu unit ambulans. Kendaraan ambulans tersebut,hanya standby di puskesmas sebagai pelayanan rujukan pasien ke rumah sakit. 

Sriyati juga berpesan kepada masyarakat selalu menjaga kesehatan lingkungan. Sebab pada musim pancaroba ini berbagai penyakit mudah menular,salah satunya malaria atau demam berdarah ( DBD).(Sn2/Pri)