Home Wisata Mbak Neng Kaliaro, Ubah Cucian Mobil Menjadi Tempat Wisata

Mbak Neng Kaliaro, Ubah Cucian Mobil Menjadi Tempat Wisata

450
0
SHARE
Mbak Neng Kaliaro, Ubah Cucian Mobil Menjadi Tempat Wisata

Keterangan Gambar : Tempat wisata Kaliaro di desa Srimenanti kec. Bandar Sribhawono Lamtim

Bandar Sribhawono,(SN) - Kaliaro yang terletak di desa Srimenanti kecamatan Bandar Sribhawono Lampung Timur, yang dulunya hanyalah saluran sumber air sungai untuk tempat mencuci kendaraan mobil dan motor sekarang berubah menjadi tempat wisata lokal yang di gemari oleh warga.

Tak hanya warga sekitar, tetapi dari luar daerahpun akan menyempatkan singgah ke tempat tersebut. Lahan seluas 2 hektar itu, dalam 5 tahun terakhir sudah berubah penampakanya menjadi sebuah tempat wahana bermain ataupun bersantai bersama keluarga di saat liburan.

"Dulu di sini ada pohon Ara, dalam bahasa jawanya Aro dan terdapat sumber mata air sungai yang jernih" jelas Mbak Neng (55) panggilan akrabnya, yang merupakan pemilik wisata tersebut sambil menceritakan awal mula tempat itu, saat di temui peliput, (29/6/2019).

Tahun 2009 adalah awal di mulainnya restorasi tempat itu. Yang tadinya hanya sebuah sumber sungai tempat untuk mencuci kendaraan, kini berubah drastis menjadi tempat wisata yang di gemari oleh anak karena ada wahana bermain air, juga di sukai oleh kaum dewasa atau muda mudi karena di sediakan pula tempat bersantai dengan paronama persawahan ataupun sejuknya sumber mata air.

"Kami juga menyediakan hidangan kuliner khas tempat ini yaitu Ikan Bakar, khusus hari minggu live music orgen tunggal siap menghibur. Acara gebyarpun atau riligi tempat ini bisa," kata Nenek 2 cucu yang masih sangat energik ini.

Dengan penuh motivasi, Mbak Neng juga mengajak khususnya kalangan penggiat tempat wisata yang ada di kabupaten Lampung Timur, jangan segan untuk memulai dan mengembangkan tempat wisata baru jika ada potensi di suatu wilayah.

"Merintis dari awal sebuah tempat wisata itu butuh keberanian, keuletan, harus inspiratif dan inovatif. Serta mampu berfikir secara mandiri"paparnya.

Berkat keuletanya, dalam 2 tahun terakhir, pengelola tempat wisata Kaliaro sudah bisa merasakan efek positif dari peningkatan ekonominya.(Sn2)