Home Daerah Mahasiswa UIN Jakarta Berikan Penyuluhan di Desa Nibung

Mahasiswa UIN Jakarta Berikan Penyuluhan di Desa Nibung

34
0
SHARE
Mahasiswa UIN Jakarta  Berikan Penyuluhan di Desa Nibung

Keterangan Gambar : Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Gunung Pelindung,(SN)-Mahasiswa Universitas Islam Negri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, yang tergabung dalam Mahasiswa Bimbingan dan Penyuluhan Islam gelar kegiatan Praktikum Profesi Makro di Desa Nibung Kecamatan Gunung Pelindung Lampung Timur.

Selama 40 hari, 78 Mahasiswa tersebut terfokus pada 10 Metode Bimbingan dan Penyuluhan, diantaranya:

1. Penyuluhan zakat: Program kreatif, inovatif.

2. Penyuluhan produk halal dalam pandangan Islam.

3. Penyuluhan pemberantasan butuh huruf Al-Quran.

4. Penyuluhan keluarga sakinah (Bimbingan & Konseling ibu & anak)

5. Penyuluhan Radikalisme dan Aliran Sempalan.

6. Penyuluhan Wakaf (Pengembangan program kemasyarakatan).

7. Penyuluhan NAPZA dan HIV AIDS.

8. Penyuluhan kerukunan umat beragama.

9. Penyuluhan dan Pengembangan Islamic Eco-Tourism.

10. Penyuluhan Bank Sampah.

Salah satu agenda kegiatan dari Kelompok 6, melakukan Jum'at Bersih dan Sehat bersama warga dusun 3 desa Nibung. Kegiatan ini di mulai pukul 08:00 wib yang melibatkan seluruh komponen masyarakat, mencakup beberapa titik yaitu TPU (Tempat Pemakaman Umum), Jalan Utama, dan Masjid setempat.

Ketua Kelompok 6, Adji Wiguna mengatakan bahwa kegiatan Jumat bersih dan sehat bentuk silaturahmi antar masyarakat dusun tiga dan rasa peduli akan kebersihan lingkungan.

Baca juga: http://simaknews.com/berita/detail/kemarau-ratusan-hektar-sawah-gunung-pelindung-terancam-gagal-panen

"Kegiatan ini sangat penting untuk mempererat tali silaturahmi antar masyarakat dusun tiga, dan  berharap peduli kebersihan lingkungan" kata Adji Wiguna saat di mintai keterangan media Jum'at (13/09/2019).

Ketua IKDANI (Ikatan Pemuda Desa Nibung), Hero Tamo menanggapi jalanya kegiatan bersih dan sehat di dusun tiga. Suatu tindakan yang Positif bagi masyrakat dusun 3 dan terima kasih terhadap mahasiswa telah melaksakan kegiatan ini dan melibatkan pemuda desa Nibung.

"Tindakan positif bagi masyarakat dusun tiga, Pemuda dari dusun satu sampai sepuluh berkumpul bersama membersihkan pemakaman (TPU), jalan raya dan masjid. Saya mewakili pemuda Desa Nibung dari dusun satu dan sepuluh mengucapkan terima kasih kepada kawan-kawan mahasiswa ." kata Hero.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat desa Nibung, Jasan MY mengucapkan bahwa Luar biasa kegiatan ini, Semua masyarakat antusias dengan adanya bersih dan sehat. Jumat bersih dan sehat baru pertama di gelar di dusun tiga, dan tokoh masyarakat pun berbaur bersama.

"Luar biasa kegiatan seperti ini, masyarakat antusias dengan kegiataan bersih dan sehat ini. Dusun tiga jadi lebih asri indah dan sejuk. Harapan saya semoga kelompok lain bisa seperti yang di dusun tiga", ucap Jasan MY Tandasnya.(Sn2/Aray)