Home Gaya Hidup Gelar Deklarasi, Fatayat NU Selamtim Gaungkan Bebas Sampah Plastik

Gelar Deklarasi, Fatayat NU Selamtim Gaungkan Bebas Sampah Plastik

Lingkungan

96
0
SHARE
Gelar Deklarasi, Fatayat NU Selamtim Gaungkan Bebas Sampah Plastik

Keterangan Gambar : sambutan ketua Fatayat NU Lampung Timur, Nurul Hikmah

Setelah menggelar Istima’ul Quran serentak oleh PAC Fatayat NU Selampung Timur pada Minggu (27 Oktober 2019), PC Fatayat NU Lampung timur menggelar senam bersama dan outbond sebagai puncak peringatan Hari Santi Nasional 2019 di Taman Purbakala Pugung Raharjo Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur, Minggu (3 November 2019).

Dibuka oleh PC NU Kabupaten Lampung Timur, Dawam Raharjo, acara bertajuk “fatayat kuat, fatayat sehat, berkhidmat untuk negeri” tersebut juga mengajak seluruh peserta yang hadir untuk mendeklarasikan pengurangan sampah plastik dengan penggunaan botol minuman atau thumbler yang dapat diisi ulang.

Menurut Dawam, pencanangan untuk menguragi sampah plastik tersebut juga sebagai dukungan terhadap salah satu program Pemerintah Provinsi Lampung. “Intinya kita ingin mengajak umat agar sadar bahwa komitmen ini juga merupakan bentuk sumbangsih NU kepada negeri,” kata Dawam.

Dalam sambutannya, Ketua PC Fatayat NU Lampung Timur, Nurul Hikmah mengatakan karena harganya yang murah sehingga penggunaannyapun sangat massif. Sayangnya hal tersebut tidak diimbangi dengan kesadaran masyarakat dalam mengelola atau mendaur ulang sampah plastik tersebut yang menjadikan masalah pada kelestarian lingkungan.

“memang tidak mudah mengubah gaya hidup yang telah membudaya dalam masyarakat, namun kita harus mulai dari cakupan terkecil yaitu diri sendiri kemudian keluarga dan seterusnya, program ini sudah dimulai dari pimpinan pusat dilanjutkan pimpinan wilayah dan pimpinan cabang. Saya juga berharap agar setiap PAC dapat mengikuti jejak untuk mendeklarasikan pengurangan sampah plastiK di Kecamatan Masing-masing,” pungkas aktivis yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Tibhakti Attaqwa Lampung Timur tersebut.

Acara dihadiri oleh PC NU Lampung Timur, Dawam Raharjo; DPR RI Dapil Lampung II, Ela Siti Nuryamah; DPRD Kabupaten Lampung Timur, Sukartini, Gunardi dan seluruh PAC Fatayat NU Selampung Timur. Dengan rangkaian senam masal, deklarasi pengurangan sampah plastik, makan bersama, dan outbond.