Home Daerah Banser Tanggap Bencana Lamtim Siap Bantu Kembali Musibah Banjir Lebak Banten

Banser Tanggap Bencana Lamtim Siap Bantu Kembali Musibah Banjir Lebak Banten

236
0
SHARE
Banser Tanggap Bencana Lamtim Siap Bantu Kembali Musibah Banjir Lebak Banten

Keterangan Gambar : Tim Bagana Lamtim saat membantu evakuasi korban banjir di Lebak Banten

Lampung Timur,(SN)-Musibah Banjir yang melanda di Kabupaten Lebak Banten Provinsi Banten awal tahun ini, menurut data yang diterima pertanggal 5/1 dari Pusdatin BPBD Provinsi Banten, terdapat 6 kecamatan, 28 desa yang terdampak. Hingga mengakibatkan 9 orang meninggal, 1830 rumah warga rusak berat dan ringan, Pondok Pesantren dan Masjid rusak.

Hal ini menjadi perhatian bagi PC GP Ansor Lampung Timur. Dalam musibah tersebut akses jalan Desa rusak berat dan terputus, banyak masyarakat yang sangat membutuhkan pertolongan perawatan kesehatan dan tempat pengunsian yang aman.

Di ketahui sebelumnya, tanggal (3/1), GP Ansor Lampung Timur memberangkatkan 10 tim Banser Tanggap Bencana (BAGANA) ke lokasi Bencana Lebak Banten. Tak hanya bantuan tenaga, mereka juga donasikan bantuan berupa makanan siap saji, sembako dan lainya.

"Pagi ini, tim BAGANA kembali ke Lamtim dan di sambut langsung oleh ketua PCNU KH Dardiri Ahmad, ketua GP Ansor M Muslih. Alhamdulilah, mereka dalam keadaan sehat tak kurang suatu apapun" kata Wakil ketua GP Ansor Ali Muslim sesaat menyambut dan menerima laporan dari tim BAGANA di Braja Dewa Way Jepara Lampung Timur, Rabu Pagi (8/1/2020).

Dalam penjelasanya Ali Muslim Wakil ketua GP Ansor Lamtim bidang Kesejahteraan Sosial Taruna Tanggap Bencana itu mengatakan, di Lebak Banten tim BAGANA berada di 3 titik Posko NU Peduli. Posko Cipanas, Lebak Gedong dan Sejaru.

"Mereka membantu mendistribusikan bantuan berupa Makanan siap saji, selimut, Beras dan obat-obatan. Membantu membersihkan puing-puing akibat banjir, membuka akses jalan akibat lumpur. Memberikan pemahaman kepada pengungsi agar menempati tempat pengunsian yang lebih aman" jelas Ali Muslim mantan PMII ini.

"Banyak akses jalan Desa terputus, sedangkan banyak orang tua, anak kecil yang sangat membutuhkan perawatan kesehata. Sehingga Banser membantu mengevakuasi korban yang sangat butuh pertolongan, dengan cara ditandu hingga melewati jalan sepanjang 3 sampai 4 km dari pengungsian" tambahnya.

Selanjutnya, setelah mendengarkan laporan tersebut, sangat memungkinkan Banser Tanggap Bencana akan mengirim bantuan kembali, sekaligus mengirimkan bantuan tahap kedua sembari terkumpulnya penggalangan donasi lebih lanjut melalui gerakan Ansor Peduli dan Bagana Lamtim.

"Sangat memungkinkan kita akan utus tim BAGANA kembali, tetapi akan kita musyawarahkan dulu sesuai kemampuan yang dimiliki GP Ansor Lamtim" tutup Ali Muslim yang di iyakan juga oleh sang ketua M Muslih.(Sn2/And)