Home budaya Babinsa Koramil Pasir Sakti Bersama PMII Tanam 1000 Pohon Mangrove

Babinsa Koramil Pasir Sakti Bersama PMII Tanam 1000 Pohon Mangrove

45
0
SHARE
Babinsa Koramil Pasir Sakti Bersama PMII Tanam 1000 Pohon Mangrove

LAMPUNG TIMUR (SN)

Babinsa Koramil 429-15/Pasir Sakti Kodim 0429/Lamtim Serda Edi Cahyana bersama Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) melaksanakan kegiatan penanaman seribu pohon di Desa Purworejo Kecamatan Pasir Sakti Kabupaten Lampung Timur Minggu (12/1/2020).

Turut hadir panitia PMII dan anggota 25 Orang ketua kelompok tani mangrov 8anak2 Sispala 20 Orang, anak2 Basispal 20 Orang, nelayan setempat 10 Orang.

Pada kesempatan tersebut Babinsa menyampaikan "bahwa penanaman mangrove sangat berdampak besar bagi manusia pada umumnya. Salah satunya adalah mencegah intrusi air laut, yang merupakan peristiwa perembesan air laut ke tanah daratan.

“Intrusi laut dapat menyebabkan air tanah menjadi payau, sehingga tidak baik untuk dikonsumsi. Hutan Mangrove memiliki fungsi mengendapkan lumpur di akar-akar pohon bakau, sehingga dapat mencegah terjadinya Intrusi air laut ke daratan.

Ia menambahkan "hutan Mangrove juga sebagai habitat satwa, beberapa jenis hewan laut seperti ikan, udang, kepiting dan siput juga banyak tinggal didaerah ini. Akar tongkat dari pohon mangrove memberi zat makanan dan menjadi daerah nursery bagi hewan ikan dan invertebrata yang hidup di sekitarnya. Semoga dengan penanaman ini menjadi lebih indah dan dapat dimanfaatkan untuk wisata” pungkas Serda Edi Cahyana. (@k/Tarmuji)