Tingkatkan Kebersamaan & Keamanan, Nelayan Labuhan Maringgai Beraliansi

Oleh TIM REDAKSI 06 Agu 2017, 14:31:18 WIBKomunitas

Tingkatkan Kebersamaan & Keamanan, Nelayan Labuhan Maringgai Beraliansi

Deklarasi Aliansi Nelayan Tradisional Muara KUala Penet Desa Margasari, Labuhan Maringgai


Simaknews.com, Labuhan Maringgai – Kebebasan untuk berserikat / berkumpul di Indonesia telah diatur oleh undang-undang, yaitu UU 21 tahun 2000. Membentuk perserikatan atau aliansi ditujukan untuk memberikan perlindungan, pembelaan hak dan kepentingan, serta meningkatkan kesejahteraan yang layak bagi pekerja/buruh dan keluarganya.

Hal itulah yang menjadi acuan para nelayan tradisional Muara Kuala Penet Desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai, lampung Timur membentuk Aliansi Nelayan, (29/07). Dari hasil wawancara dengan Ketua Aliansi Nelayan Tradisonal, Subandrio, alasan membentuk perserikatan adalah untuk mempererat persatuan antar sesama nelayan agar saling menjaga sehingga dapat meningkatkan perekonomian.

“Terbentuknya Aliansi tersebut adalah menindak lanjuti keluhan para nelayan guna mempererat tali silaturahmi agar terwujudnya nelayan tradisional yang bersatu dan bertujuan untuk melindungi nelayan tradisional agar nelayan tradisional bisa merasa aman dan meningkat perekonomiannya dan menjadi sejahtera” jelasnya.

Dalam acara deklarasi Aliansi Nelayan tersebut, turut hadir Kapolres Lampung Timur AKBP Yudy Chandra E., S.IK., M.H. ,Kabag Ops Kompol Ujang Supriyanto,S.E., Kasat Intelkam AKP Edi Kurniawan, S.H., Kasat Binmas AK Anas Sobirin, Kasat Pol Air IPTU Kamil Pasa, dan Forkopincam Labuhan Maringgai.

Dalam sambutannya Kapolres Lampung Timur menyatakan bahwa Kepolisian hadir dalam kegiatan ini untuk bersilaturahmi dengan masyarakat tanpa ada kepentingan lain, dan siap melindungi dan menindak bila ada nelayan nakal yang melanggar aturan.

“Dengan terbentuknya aliansi nelayan tradisional ini, kami berharap semua aspirasi dan keluhan para nelayan dapat di tampung dengan baik”, papar Kapolres Lam-Tim tersebut.

Dalam perbincanganya dengan salah satu tokoh nelayan, yaitu menindaklanjuti perihal pertemuan sebelumnya yang belum mencapai kesepakatan sewaktu di Polres Sukadana, Kapolres Lampung timur mengajak nelayan :

  1. Jika ada surat edaran baru maka masyarakat harus menunggu bukti riil terlebih dahulu, Bahwa aturan tentang batasan nelayan telah ada aturanya.
  2. Polres akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait dengan aturan yang baru seperti informasi dari para nelayan dengan Pemda tentang penggunaan fasilitas di TPI.  (Andono/SN)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Puaskah anda terhadap Pembangunan Lampung timur saat ini?
  masih perlu banyak pembenahan
  puas
  Tidak Puas
  sangat tidak Puas
  Tidak Tau

Komentar Terakhir

  • Alat Tukang Kayu

    Biasanya kalau di desa itu masih banyak kayu-kayu berkualitas untuk dijadikan produk ...

    View Article
  • Toko Bunga

    Sebetulnya pasti masih banyak tempat yang bisa dieksplor di lampung selain tamannya, ...

    View Article
  • paper writing service review

    Wonderful article, a bunch of high-quality material. I’m going to point out to my ...

    View Article
  • Atap Rumah

    Semoga segera terealisasi nih janji dari Dinsos. Tapi pembangunan / rehap rumahnya ...

    View Article