Tanggapi Aksi, Pemkab Lampung Timur Serius Urus Petani Singkong

Oleh 22 Des 2016, 14:07:58 WIBEkonomi

Tanggapi Aksi, Pemkab Lampung Timur Serius Urus Petani Singkong

Bupati Lampung Timur saat menemui peserta aksi


SIMAKNEWS.COM, Sukadana - Demo kenaikan harga singkong terjadi di halaman brimob Lampung Timur, Kamis (22/12). Peserta demo adalah para petani singkong yang berasal dari desa Muara Jaya, Way Bungur, Rantau Jaya Udik 2, Surabaya Udik, Sukadana, Purbolinggo dan sekitarnya. Pasalnya pada pertengahan tahun 2016 singkong mengalami penurunan harga dari Rp. 1.200/kg menjadi Rp. 600/kg, bahkan kini harga anjlok drastis di pertengahan bulan Desember 2016 menjadi Rp. 500/kg.

Dampak penurunan harga singkong di tahun 2016 ini mengakibatkan hasil panen tidak menutupi pengelolaan lahan petani, petani banyak menanggung hutang seperti biaya perawatan, perekonomian petani singkong semakin terpuruk, dan biaya pendidikan anak terganggu.

Keluhan yang disuarakan salah satunya yaitu untuk menaikan harga singkong, mengawasi potongan timbangan, potongan kadar air serta debu dari 20-30% karena sangat merugikan petani, dapat mengatasi kelangkaan pupuk bagi petani, berpihak kepada para petani dan rakyat kecil; bukan kepada pengusaha besar (pabrik), pabrik Muara Jaya memprioritaskan pembelian singkong di sekitaran pabrik, atau tidak menerima singkong dari luar Lampung Timur; bila dipandang perlu agar pabrik Muara Jaya ditutup karena tidak melayani pembelian petani singkong Lampung Timur.  

Toha salah satu petani singkong mengatakan "Saya mengharapkan harga singkong Rp. 1.000 minimal Rp. 800 lah. Karna jika harga singkong hanya Rp. 500 tidak bisa balik modal, itu saja belum potongan timbangannya," tuturnya sedih.

Orasi ini juga dihadiri oleh bupati Lampung Timur. Bupati dan wakilnya juga merespon dengan baik aspirasi warga. “Kami akan terus berusaha menindak lanjuti permintaan warga serta akan ikut membantu petani tentang kelangkaan pupuk,” tutur bupati cantik tersebut.

Pemerintah Lampung Timur juga tidak akan tinggal diam dengan keadaan warganya seperti ini. 3 hari yang lalu bupati Lampung Timur beserta bupati Lampung Tengah dan walikota Metro sudah mengupayakan menyuarakan keluahan petani singkong kepada anggota komisi IV DPR RI di balai walikota Metro.

Jumlah pendemo sekitar 900 orang yang dijaga ketat oleh aparat kepolisian serta satpol PP. (SN1, Erlian)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Puaskah anda terhadap Pembangunan Lampung timur saat ini?
  masih perlu banyak pembenahan
  puas
  Tidak Puas
  sangat tidak Puas
  Tidak Tau

Komentar Terakhir

  • Jasa Bangun Rumah

    Infonya sangat berguna bagi kami, Thank you. https://jasaseo.website | ...

    View Article
  • Poe Dameron The Last Jedi Jacket

    Thanks a lot for the kind of perfect topic I have not a lot of information about ...

    View Article
  • Eka octalia

    Thanks Simaknews.com .. semakin Jaya ...

    View Article
  • Justice League Jacket in Cheap Price

    Thanks for sharing this wonderful information. I definitely need to inform you that I ...

    View Article