Taman Purbakala Pugung Raharjo, Pesona Wisata Timur Lampung
Editor: Tedi

Oleh TIM REDAKSI 09 Agu 2017, 17:16:47 WIBWisata

Taman Purbakala Pugung Raharjo, Pesona Wisata Timur Lampung

Kunjungan wisata Komunitas pemuda Jelajah wisata ke Taman Purbakala Pugung Raharjo, Lampung Timur


Simaknews.com, Lampung Timur –  Berbicara soal tempat wisata di Kabupaten Lampung Timur, kebanyakan orang hanya kenal dengan Taman Nasional Way kambas (TNWK). Ya, salah satu tempat penangkaran Gajah Sumatra itu memang sudah lama  dikenal bahkan  sampai di kancah internasional. Padahal, banyak destinisasi wisata lain yang tidak kalah menarik dan mestinya wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Kabupaten dengan julukan Bumei Tuwah Beppadan itu.

Diantaranya adalah Taman Purbakala Pugung Raharjo. Disana para pengunjung dapat melihat benda-benda sejarah Nusantara peninggalan masa peradaban Hindu, Budha dan Islam. Selain mendapat wawasan baru, dengan dikelilingi lahan perkebunan singkong, jagung milik warga, taman ini menjadi sangat menarik bagi para wisatawan yang menyukai suasana sejuknya pedesaan.  

Alasan itulah yang menjadi maksud oleh sekelompok komunitas pemuda Jelajah Wisata untuk berkunjung ke siitus Meghalithikum satu-satunya di Kabupaten Lampung Timur, tepatnya di Desa Pugung Raharjo Kecamatan Sekampung Udik. merupakan destinasi wisata pada Minggu 6 Agustus 2017.

Dalam kunjungan tersebut, Feri Susiandi,  salah satu tokoh pemuda Kelompok Sadar Wisata Taman purbakala Pugung Raharjo menjelaskan bahwa  situs peninggalan Keratuan Pugung ini pertama kali ditemukan pada tahun 1957 oleh warga masyarakat yang hendak bercocok tanam.

“Menurut beberapa sumber terkait dengan awal mula penemuan situs ini adalah ketika salah seorang warga yang hendak bercocok tanam di ladang ia menemukan barang-barang peninggalan jaman dahulu seperti Koin, tembikar,  guci, dan batu-batuan Megalithikum", jelasnya

Lokasi yang berada tidak jauh dari pemukiman warga serta akses transportasi yang mudah menjadikan taman ini sebagai alternatif wisata alam perkebunan yang sejuk dan menyenangkan. Suasana sejuk segar udara perdesaan serta bersih nan hijau sebuah objek wisata menjadi pesona tersendiri bagi para wisatawan yang menginginkan wisata alam sebagai pengisi akhir pekan bersama keluarga. (khusaini)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Toko Bunga 21 Nov 2017, 11:27:58 WIB

    Sebetulnya pasti masih banyak tempat yang bisa dieksplor di lampung selain tamannya, tapi kok dokumentasi lokasinya hanya sedikit yah hehe padahal saya penasaran juga dengan keindahan taman disana siapa tahu ada banyak bunga langka yang hanya ada di lampung terus nanti bisa saya bawa ke jakarta ehehe.

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Puaskah anda terhadap Pembangunan Lampung timur saat ini?
  masih perlu banyak pembenahan
  puas
  Tidak Puas
  sangat tidak Puas
  Tidak Tau

Komentar Terakhir

  • Alat Tukang Kayu

    Biasanya kalau di desa itu masih banyak kayu-kayu berkualitas untuk dijadikan produk ...

    View Article
  • Toko Bunga

    Sebetulnya pasti masih banyak tempat yang bisa dieksplor di lampung selain tamannya, ...

    View Article
  • paper writing service review

    Wonderful article, a bunch of high-quality material. I’m going to point out to my ...

    View Article
  • Atap Rumah

    Semoga segera terealisasi nih janji dari Dinsos. Tapi pembangunan / rehap rumahnya ...

    View Article