Soal Banjir Lampung Timur, Chusnunia Dorong Aparat Bantu Korban

Oleh 21 Feb 2017, 19:59:31 WIBDesa

Soal Banjir Lampung Timur,  Chusnunia Dorong Aparat Bantu Korban


SIMAKNEWS.COM - Banjir melanda Sukadana dan sejumlah kecamatan lainnya  yang ada di Kabupaten Lampung Timur, Selasa, 21 Februari 2017. Curah hujan yang tinggi sejak Senin, 20 Februari 2017, malam menjadi penyebabnya.

 

Bupati Lampung Timur (Lamtim) Chusnunia Chalim, yang sedianya akan ke Jakarta memenuhi undangan Presiden Joko Widodo ke Istana Negara, Selasa, 12 Feberuari 2017, menyempatkan mengunjungi lokasi banjir yang terdekat, yakni di Desa Mulyo Asri, Kecamatan Bumi Agung.

 

"Saya minta semua gerak cepat menghadapi bencana banjir. Lakukan apa yang mesti dilakukan untuk mengurangi beban masyarakat yang terkena dampak banjir," kata Chusnunia.

 

Bupati Chusnunia  juga memerintahkan agar  Tim Penggerakan PKK dan Dharma Wanita kecamatan se-Kabupaten Lampung Timur proaktif meninjau ke lokasi-lokasi yang dilanda banjir dan memberikan bantuan kepada korban.

 

“Tim SAR dari BPBD dan Dinas Sosial Lampung Timur telah turun ke lokasi bencana untuk mengevakuasi korban serta memberi bantuan berupa dapur umum di wilayah yang terkena banjir parah,” kata Chusnunia.

 

Menurut Bupati, Tim Penggerak PKK dan Dharma Wanita harus ambil bagian. Masyarakat yang terkena banjir adalah korban yang butuh perhatian. “Beri bantuan apa saja yang dibutuhkan masyarakat. Mulai dari selimut, baju layak pakai, bahan makanan dan obat-obatan untuk meringankan beban mereka yang terkena bencana banjir,” kata Bupati.

 

Banjir yang terjadi di Kabupaten Lampung Timur, melanda Kecamatan Sukadana, Jabung, Mataram Baru, Bumi Agung,  Marga Tiga, Pasir Sakti, dan Raman Utara. 

 

Banjir juga menyebabkan jembatan putus seperti jembatan penghubung Kabupaten Lampung Tengah dengan Kabupaten Lampung Timur, tepatnya di Dusun 07 Rt 20 Rw 07, Desa Rejosari, Kelurahan Rejokaton. Jembatan yang menghubungkan Desa Negeri Katon dengan Desa Negeri Agung, Kecamatan Margatiga, juga rubuh.

 

Banjir di Kecamatan Bumi Agung  tidak hanya melanda Desa Donomulyo, tapi juga desa-desa lain seperti Desa Mulyo Asri.  Banjir menyebabkan ratusan rumah warga terendam. Ketinggian air mencapai sedada orang dewasa.

 

Sementara itu banjir yang mendera Desa Negeri Katon, Kecamatan Margatiga, menghanyutkan jembatan dan menyebabkan ruas jalan provinsi amblas sehingga tidak bisa dilalui kendaraan.

 

"Jembatan yang menghubungkan Desa Negeri Katon dengan Desa Negeri Agung putus total terseret banjir," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Lampung Timur, Najiulloh Syarief, saat meninjau ke lokasi, Selasa, 21 Februari 2017.

 

Najiulloh mengatakan, keberadaan jembatan itu sangat penting. Sebab itu, pihaknya telah mengantisipasi untuk membuat jembatan sementara agar akses dari dan menuju Desa Negeri katon dan Desa Negeri Agung tidak terputus. "Sementara kita buat jembatan darurat agar akses tidak putus," kata Najiulloh.

 

Najiulloh mengatakan, informasi soal jembatan yang putus disampaikan masyarakat. "Kami langsung ke lokasi dan ternyata masyarakat bersama aparat kepolisian setempat bergotong royong memperbaikinya," katanya. (Red)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Puaskah anda terhadap Pembangunan Lampung timur saat ini?
  masih perlu banyak pembenahan
  puas
  Tidak Puas
  sangat tidak Puas
  Tidak Tau

Komentar Terakhir

  • Alat Tukang Kayu

    Biasanya kalau di desa itu masih banyak kayu-kayu berkualitas untuk dijadikan produk ...

    View Article
  • Toko Bunga

    Sebetulnya pasti masih banyak tempat yang bisa dieksplor di lampung selain tamannya, ...

    View Article
  • paper writing service review

    Wonderful article, a bunch of high-quality material. I’m going to point out to my ...

    View Article
  • Atap Rumah

    Semoga segera terealisasi nih janji dari Dinsos. Tapi pembangunan / rehap rumahnya ...

    View Article