Puluhan Ternak Ayam Mati Mendadak

Oleh TIM REDAKSI 15 Jan 2017, 11:03:53 WIBKesehatan

Puluhan Ternak Ayam Mati Mendadak

Ayam Bangkok milik pak Sugeng warga Desa Sumberejo Satu mati mendadak dengan kepala membiru. Sabtu Pagi, 14 Januari 2017


SIMAKNEWS -  Puluhan hewan ternak ayam milik masyarakat Desa Sumberejo Satu Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur, dalam beberapa hari terakhir mati mendadak. Kematian puluhan ayam tersebut diduga terkena penyakit flu burung atau avian influnza (AI).

Seperti yang dialami, Sugeng (30), warga Desa Sumberjo. Dia mengatakan ayam  Bangkok peliharaannya mati mendadak. Padahal, sore harinya ayam masih kelihatan sehat namun dipagi hari ayam sudah mati dengan kepala agak membiru.

"Saya bingung dengan matinya ayam milik saya ini. Sebab, sore harinya ayam itu masih sehat. Secara tiba-tiba pada pagi harinya saya lihat, sudah pada mati dan membiru. Tanpa penyebab yang jelas. Saya rasa kematian ayam milik saya ini diduga terkena virus flu burung," kata dia saat ditemui di kediamannya, Sabtu, 14 Januari 2017.

Dia mengaku sudah banyak ayam milik warga yang mati mendadak dengan kepala membiru, dan langsung dibuang oleh warga. "Di sini sudah banyak ternak ayam yang mati mendadak. Tapi, mayoritas ayam ternak yang mati mendadak pada dibuang ke semak-semak, Mas," ujar dia.

Hal senada diungkapkan Muhaini (40), warga lainnya. Dia sangat terkejut ketika melihat ternak ayam miliknya telah mati membiru di halaman rumahnya. Padahal, ternak ayam sebanyak 10 ekor itu sebelumnya sehat dan sempat diberi makan.

"Saya sangat kaget saat melihat ayam milik saya sudah mati. Kalau satu atau dua yang mati sih tidak masalah. Tapi, yang membuat terkejut ayam itu mati hingga 10 ekor yang mati secara tiba-tiba. Saya harap Dinas Peternakan setempat secepatnya bertindak untuk mengantisipasi ternak ayam lainnya agar virus ini tidak menyebar," kata dia. (sn/Puji)



 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Puaskah anda terhadap Pembangunan Lampung timur saat ini?
  masih perlu banyak pembenahan
  puas
  Tidak Puas
  sangat tidak Puas
  Tidak Tau

Komentar Terakhir

  • Jasa Bangun Rumah

    Infonya sangat berguna bagi kami, Thank you. https://jasaseo.website | ...

    View Article
  • Poe Dameron The Last Jedi Jacket

    Thanks a lot for the kind of perfect topic I have not a lot of information about ...

    View Article
  • Eka octalia

    Thanks Simaknews.com .. semakin Jaya ...

    View Article
  • Justice League Jacket in Cheap Price

    Thanks for sharing this wonderful information. I definitely need to inform you that I ...

    View Article