Perkuat Perekonomian Desa, Bupati Lampung Timur Kembangkan Agro Wisata Desa

Oleh TIM REDAKSI 30 Nov 2017, 22:47:15 WIBDesa

Perkuat Perekonomian Desa, Bupati Lampung Timur Kembangkan Agro Wisata Desa

Kabupaten Lampung Timur Kembangkan Agro Wisata Desa. (30/11)


Simaknews.com, Lampung Timur - Geliat Desa Membangun Indonesia terus menggema, tidak terkecuali di Kabupaten Lampung Timur, di bawah kepemimpimam Bupati Chusnunia Chalim Desa terus di dorong untuk menjadi maju, mandiri dan sejahtera, seperti halnya Desa Mulyo dan Desa Baraja Harjo Sari.

"Setelah kepemimpinan Bupati Nunik (sapaan akrab Bupati Lampung Timur) serta dengan adanya dana desa, Alhamdulillah, manfaatnya sangaat terasa oleh masyarakat, dan kami gunakan untuk fasiltas infrastrukur masyarakat desa misal jalan dan irigasi serta yang lainya," ujar kepala Desa Bumi Mulyo Kecamatan Sekampung, Hermanto, Kamis (30/11).

Guna mengembangkan perekonomian masyarakat, lanjut Hermanto Desa Bumi Mulyo kini sedang merintis agro wisata buah naga, yang sudah berlangsung selama 1,6 bulan diluas lima hektar area lahan dan atas insiatif Bupati ditindak lanjuti Desa mengharuskan setiap rumah menanam lima pohon. 

"Di kami memang salah satu tanaman yang cocok ya buah naga,bahkan hitungan kami apabila sudah berumur setahun dalam 1 hektar bisa menghasilkan 15 sampai 20 ton buah naga, memang untuk biaya awal agak mahal minimal untuk setahun pertama, tapi selanjutnya bisa menghasilkan untung per bulan minimal rata -rata 2,5 juta perbulan/hektar, dengan harga dari petani 8-10 ribu perkilogram," paparnya.

Sementara itu  kepala  Desa Braja Harjo Sari Misbahul Munir mengatakan sesuai arahan pemerintah Kabupaten Lampung Timur yang tengah mengembagkan program potensi  eknomi desa dan Wista,kin desa yang dipimpinya sedang merintis argo wisata Jambu Kristal yang sudah berjalan 1,5 tahun.

"Kami lakukan masih secara swadaya, mengkuti arahan ibu Bupati,lahan yang ditanam jamu kristal  2,5 hektar ditambah per rumah masing masing menanam minimal 3 pohon jambu kristal," ungkapnya.

Jambu lanjutnya nempunyai keunggulan minim bijinya, rasanya renyah, manis dan perawatanya mudah, biaya awal per 1000 m persegi 5 juta rupiah, dalam jangka 8 bulan sudah bisa panen, dalam hal panen tidak mengenal musim, setahun bisa tiga kali, petani menjualnya 10 ribu  per kilogram.

"Ini jadi model usaha baru warga,yang bisa karet dan pertanian, dan ini akan kami tindak lanjuti pengelolanya melalui Bumdes," ungkapnya.

Sementara itu Wakil  DPRD Kabupaten Lampung Timur Ella S Nuryamah mengapresiasi program maju di gulirkan ibu Bupati salah satunya mengembangkan agro wista desa serta terus mengembangkan pembangun di desa-desa.

"Desa itu entitas,yang memang seharusnya terus disuppot untuk tumbuh dan berkembang, kemajuan desa itulah salah satu kemajuan sebuah kabupaten," ujarnya.

Dengan demikian langkah Bupati dalam memanifestasikan UU Desa no 6 tahun 2014 diharapan selain mampuh mendorong desa menjadi maju,mandiri dan sejahtera juga bisa menjadi model yang turut di kembangkan di Kabupaten-kabupaten lain.

Kami melihat ibu bupati ini tidak ada lelahnya mendidik dan mengarahakan desa dengan berbagai ide yang di gulirkan untuk memajukan, memandirikan dan mesejahterkan desa-desa yang ada di Kabupaten Lampung Timur. Papar Lilik ahmad alim (TA utama media dan sosial P3MD KEMENDES pusat). (Red)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Puaskah anda terhadap Pembangunan Lampung timur saat ini?
  masih perlu banyak pembenahan
  puas
  Tidak Puas
  sangat tidak Puas
  Tidak Tau

Komentar Terakhir

  • aulia salsabilla

    Memalukan..!!! ???????????? Pemimpin ygga baik bagi msyrkatny,Hrs ganti pemimpin yg ...

    View Article
  • aulia salsabilla

    Memaluka ...

    View Article
  • Bikin malu aja tu potong peler itu biar tahu enak nya

    Potong aja tuh peler lasito biar tahu gimana rasanya ...

    View Article
  • Devanka adisalim

    Habis rumputnya hijau bgt sih ...

    View Article