Pemkab Beri Penghargaan Sang Profesor Tungku Desa Braja Luhur

Oleh TIM REDAKSI 14 Okt 2018, 17:25:32 WIBWisata

Pemkab Beri Penghargaan Sang Profesor Tungku Desa Braja Luhur

Mbah Casta (60 th) sang profesor Tungku warga desa Braja Luhur, di apit oleh Warga dan Akmal Fathoni


BRAJA SELEBAH,(Simaknews.com) - Dalam rangka peringati Hari Ulang Tahun Desa yang ke-57, desa Braja Luhur kecamatan Braja Selebah kabupaten Lampung Timur, gelar pawai Budaya dan pamerkan inovasi 1000 Tungku, di Lapangan desa Braja Luhur, 14/10/2018.

Kades Braja Luhur Supratikno menjelaskan, sejak 1998 Produksi tungku di kecamatan braja selebah ini sudah di mulai oleh para produksi rumahan, khususnya dua desa yaitu Desa Braja Luhur dan Desa Braja Mulya, yang sudah merambah di berbagai daerah di Nusantara, seperti Jawa dan hampir di seluruh pulau Sumatera.

Desa Braja Luhur memang lebih dikenal di kabupaten lampung Timur ini sebagai produksi Tungku, yang merupakan kelompok industri rumahan, karena dengan menggunakan tungku sebagai tempat memasak banyak manfaatnya, hemat energi, hasil masakan lebih nikmat, dan lebih nyaman, dan hal ini mampu menjadi pendongkrak perekonomian warga.

Kades Supratikno pun juga meminta kepada pemkab agar karya home industri desa braja Luhur ini di patenkan agar tidak di klaim oleh bangsa lain, juga menyempatkan memperkenalkan seorang warganya yang di sebutnya sebagai sang profesor Tungku, dia adalah mbah Casta (60 th) warga desa Braja Luhur yang di akuinya pertama kali memperkenalkan juga mengkreasi industri rumahan yaitu Tungku tersebut.

"Melalui dinas Pariwisata dan sosial kami akan memberikan piagam penghargaan kepada Pak Casta sebagai warga yang menginpirasi, dan hasil karya tungku raksasa ini akan kami pajang di pemda sebagai tonggak hasil karyanya" kata Chusnunia dalam penyampainya.

Mbah Casta juga mendapatkan donasi uang 5 juta dari pelelangan tungku raksasa yang akan di pajang di pemkab Lampung Timur.

Hadir dalam acara Festival tersebut, Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim, dinas Pariwisata, Akmal Fathoni DPRD Fraksi PKB, Antonius DPRD PDIP, Jihan Nurlela Calon DPD Lampung, Forkopimda, Forkopimcam, Camat, Kapolsek, Kepala Desa sekecamatan Braja Selebah.(Andono)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Puaskah anda terhadap Pembangunan Lampung timur saat ini?
  masih perlu banyak pembenahan
  puas
  Tidak Puas
  sangat tidak Puas
  Tidak Tau

Komentar Terakhir

  • Alanodoro

    [url=https://cialis20forsale.com/]cialis 20 mg best price[/url] ...

    View Article
  • JeffreyGed

    [url=http://cephalexin2018.icu]can cephalexin make you nauseous[/url] <a ...

    View Article
  • bsfhLieni

    [url=http://canadadrugsonlinewxwe.com/]canadian pharmacy king[/url] buy discount viagra ...

    View Article
  • Judyodoro

    [url=https://valtrexcost.com/]valtrex[/url] ...

    View Article