Pahlawan Masa Kini

Oleh 10 Nov 2016, 19:57:21 WIBOpini

Pahlawan Masa Kini

Ahmad Mustakim (Kader PMII PGMI Jurai Siwo Metro)


Jika dahulu pahlawan identik dengan perjuangannya yang pantang menyerah hingga titik darah penghabisan bahkan sampai gugur. Siapakah yang patut disebut pahlawan di era ini? Kita sering mendengar istilah guru sebagai “Pahlawan tanpa tanda jasa”. Jelas guru harus disebut sebagai pahlawan, sebab guru adalah profesi yang begitu mulia. Tak akan ada dokter tanpa ada guru, tak akan ada polisi tanpa ada guru, tak akan ada presiden tanpa ada guru, dan tak akan ada Soekarno yang hebat tanpa seorang guru HOS Tjokroaminoto. Lantas apakah hanya guru yang patut disebut “pahlawan”?

Setiap tanggal 10 November seluruh bangsa Indonesia memperingatinya sebagai Hari Pahlawan. Hari yang diperingati untuk mengenang dan menghargai perjuangan bangsa Indonesia yang bertempur melawan penjajahan hingga titik darah penghabisan. Jika kita menengok sejarah, maka akan mengetahui perjuangan Pangeran Diponegoro, Bung Tomo, Jenderal Soedirman dan masih banyak lagi serta seluruh rakyat Indonesia yang ikut berjuang. Mereka itulah para pahlawan yang dengan gagah berani, pantang menyerah, berjuang memerdekakan bangsa dan negara hingga gugur sebagai kusuma bangsa.

Memang sudah sepatutnya mereka kita sebut pahlawan. Jasa-jasanya tak bisa dihitung. Dengan semangatnya yang berapi-api mereka berteriak “merdeka atau mati”, tak pernah peduli nyawa sebagai taruhan, yang penting Indonesia merdeka. Mereka berjuang melawan para “begundal” kolonialisme lewat diplomasi hingga beradu fisik (berperang) walau hanya bermodal bambu runcing.

Saat ini semua pasti sepakat mengatakan orang tua adalah pahlawan yang paling utama. Mereka berjuang, berkorban, dan bekerja tanpa mengenal lelah, memenuhi kehidupan keluarga hingga apapun akan dilakukan demi membahagiakan anak-anaknya agar masa depannya lebih baik. Begitu mulianya perjuangan orang tua, Rasulullah SAW pun mewajibkan ummatnya untuk menghargai mereka. Maka sudah selayaknya orang tua disebut pahlawan yang utama bagi kita.

Kemudian yang patut disebut pahlawan di era saat ini adalah para pejabat yang tertib, disiplin, jujur, dan yang melayani rakyatnya tanpa tergiur uang, serta tidak korupsi. Selalu menyejahterakan rakyat dan siap melayani sepenuh hati. Hatinya selalu dekat dengan rakyat tanpa sedikitpun pencitraan. Berani melawan arus yang tidak benar. Pejabat seperti ini mungkin tak populer, tapi hatinya selalu damai. Kepada merekalah nasib rakyat disandarkan.

Selanjutnya para petani dan nelayan. Setiap hari mereka bekerja keras, tak pernah menghiraukan panasnya terik matahari hingga derasnya hujan yang dirasakan tubuh. Ia terus semangat bekerja, tak peduli menghitung keuntungan bahkan rugi, tak pernah kapok walau kadang sering “nombok” pasca panen. Kadang mereka bertani hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup saja, untuk makan dan bayar hutang, tapi kenyataannya mereka juga mencukupi kebutuhan pangan negara. Atas jasa merekalah badan kita sehat walafiat.

Adalagi para TNI, dari Angkatan Darat, Laut, dan Udara yang dengan semangat perjuangan, yang gagah perkasa dan waspada terus menjaga kedaulatan NKRI. Tak pernah mengenal korupsi demi menjaga keutuhan NKRI. Mereka berpatroli, menjaga hingga perbatasan wilayah negara yang kadang tanpa fasilitas cukup dan di daerah yang rawan dengan serangan negara lain. Bahkan mereka rela, pergi jauh meningalkan keluarga demi pengabdiannya.

Pahlawan kita di zaman saat ini selanjutnya adalah para jurnalis yang dengan jujur menuliskan berita. Yang salah disalahkan dan yang benar dibenarkan. Para jurnalis yang tak tergoda dengan suapan uang, tak takut dengan ancaman dan gertakan dari pihak yang salah. Mereka menulis tentang kebenaran, menulis segala keluhan dan aspirasi rakyat. Merekalah para pahlawan yang selalu menyuarakan kebenaran, keadilan, demokrasi dan kesejahteraan.

Dokter dan petugas kesehatan juga patut disebut pahlawan. Dedikasi mereka yang tinggi demi menjaga kesehatan masyarakat, bahkan sampai di daerah pedalaman, pulau-pulau terpencil, hingga daerah yang tak pernah tersentuh program pembangunan. Mereka tak mengutamakan kepentingan pribadi, mereka tulus hati dengan satu cita-cita yakni rakyat harus sehat sejahtera. Mereka terus bahagia melayani dengan sepenuh hati.

Satu lagi yang wajib disebut pahlawan adalah polisi yang menjalankan tugasnya dengan penuh dedikasi, tak tergiur dengan korupsi, sogokan, serta penyelewangan tindakan demi keuntungan tinggi. Mereka menjaga keamanan masyarakat dan negara tanpa mengenal takut, membela yang benar dan menyalahkan yang salah meski keluarga sendiri yang bersalah. Mereka tak henti-hentinya memburu para perusak moral bangsa, seperti para penjual narkoba.

Secara singkatnya, pahlawan di era saat ini adalah mereka yang hidupnya didedikasikan penuh untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, bangsa dan negara. Hidupnya selalu lurus, jujur, dan membawa kedamaian, serta persatuan dan kesatuan. Pahlawan adalah mereka yang hidupnya selalu dalam kebenaran, kebaikan, dan selaras dengan kehendak Tuhan. Diri sendiri juga patut disebut pahlawan, sebab dalam diri manusia terdapat musuh yang sangat berbahaya dan wajib dikalahkan demi kemerdekaan jiwa, adalah hawa nafsu yang kadang menyulitkan pergerakan kita untuk hidup berdedikasi penuh dalam berbangsa dan bernegara.

Semoga Hari Pahlawan ini kita bisa merefleksikan dan meneladani para pahlawan bangsa dan negara dengan cara hidup menjadi warga negara yang baik, yaitu bersikap jujur, disiplin, dan bermanfaat. Selamat Hari Pahlawan. Tetap semangat dan jadilah bangsa yang besar dengan menghargai jasa pahlawan, baik pahlawan tempo dulu dan saat ini.

Penulis : Ahmad Mustakim (Kader PMII PGMI Metro)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Puaskah anda terhadap Pembangunan Lampung timur saat ini?
  masih perlu banyak pembenahan
  puas
  Tidak Puas
  sangat tidak Puas
  Tidak Tau

Komentar Terakhir

  • Jasa Bangun Rumah

    Infonya sangat berguna bagi kami, Thank you. https://jasaseo.website | ...

    View Article
  • Poe Dameron The Last Jedi Jacket

    Thanks a lot for the kind of perfect topic I have not a lot of information about ...

    View Article
  • Eka octalia

    Thanks Simaknews.com .. semakin Jaya ...

    View Article
  • Justice League Jacket in Cheap Price

    Thanks for sharing this wonderful information. I definitely need to inform you that I ...

    View Article