Kunjungi Wisata Mangrove, Pelajar SDN 1 Sriminosari, Labuhan Maringgai Observasi Ekosistem Alam

Oleh Tedi 17 Sep 2017, 13:46:41 WIBPendidikan

Kunjungi Wisata Mangrove, Pelajar SDN 1 Sriminosari, Labuhan Maringgai Observasi Ekosistem Alam

Siswa siswi SDN I Sriminosari, Labuhan Maringgai sedang mengunjungi wisata Mangrove untuk observasi ekosistem alam


Simaknews.com, Labuhan Maringgai –Mengajarkan cinta terhadap linngkungan kepada anak-anak sejak dini, penting dan besar manfaatnya untuk dilakukan. Hal ini guna memberikan pemahaman akan pentingnya bagi setiap anak supaya paham akan kewajibanya dalam menjaga dan merawat lingkungan.

SDN 1 Desa Sriminosari misalnya, di samping aktivitas belajar mengajar di kelas, para guru mengajak para siswanya untuk mengenal bagaimana pentingnya merawat keseimbangan lingkungan hidup dengan melakukan observasi di lokasi Wisata Mangrove yang kebetulan tidak jauh dari sekolahnya, yaitu di Desa  Desa Sriminosari Kecamatan Labuhan Maringgai, (16/09).

"Sambil saya ajak berolahraga coba anak-anak sedikit demi sedikit berikan wawasan dan penanaman mengenai pentingnya bagaimana mencintai, menyayangi dan bagaimana merawat hutan mangrove ini," jelas Rohayati, Guru SDN 1 Sriminosari sembari mengajak anak didiknya untuk menggambarkan alam sekitar dan ekosistemnya.

Pengetahuan lingkungan diajarkan sejak dini adalah sebuah langkah yang sangat tepat bagi instansi pendidikan, dengan begitu kesadaran akan pentingnya menanamkan jiwa dan pengetahuan tentang bagaimana merawat dan melestarikan lingkungan hidup itu bisa tertanam sejak dini agar hal tentang kerusakan alam bisa tercegah dan bisa berimbangnya kehidupan ekosistem di sekitarnya.

“Terjadinya pencemaran (pencemaran udara, air, tanah, dan suara) sebagai dampak adanya kawasan industri tanpa mempertimbangkan ekosistem lingkungan. Selain itu contoh terkecilnya yakni buang smpah sembarangan,” tambahnya.

Dengan tema pengenalan lingkungan hidup diharapakan kegiatan ini dapat menumbuhkan kecintaan anak-anak sekolah dan masyarakat umumnya tentang pentingnya mangrove, serta untuk menggugah kesadaran semua pihak dalam menjaga, memelihara dan memotifasi masyarakat menjaga kelestarian hutan mangrove.

"Senang sekali ternyata tempat ini bukan hanya sekedar tempat wisata saja, selain itu bisa di jadikan sebuah edukasi tentang bagaimana menumbuhkan kecintaan kita kepada lingkungan sekitar, insyaalloh nanti kita rencanakan ada semacam tempat membaca atau perpustakaan bagi siswa siswa atau pelajar khususnya mengenai hutan mangrove," papar Darmanto salah satu pengelola wisata ini.

"Dan ini sepertinya tidak mudah bagi kami mas.. karena kami juga tetap memerlukan suport dan dukungan dari semua pihak dan instansi terkait demi memujudkan rencana ini," tambah nya . (Andono)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Puaskah anda terhadap Pembangunan Lampung timur saat ini?
  masih perlu banyak pembenahan
  puas
  Tidak Puas
  sangat tidak Puas
  Tidak Tau

Komentar Terakhir

  • Alat Tukang Kayu

    Biasanya kalau di desa itu masih banyak kayu-kayu berkualitas untuk dijadikan produk ...

    View Article
  • Toko Bunga

    Sebetulnya pasti masih banyak tempat yang bisa dieksplor di lampung selain tamannya, ...

    View Article
  • paper writing service review

    Wonderful article, a bunch of high-quality material. I’m going to point out to my ...

    View Article
  • Atap Rumah

    Semoga segera terealisasi nih janji dari Dinsos. Tapi pembangunan / rehap rumahnya ...

    View Article