Inovasi Program Kesehatan Puskesmas Adirejo, “Posbindu Grebek Masjid”

Oleh TIM REDAKSI 28 Jul 2017, 19:08:25 WIBKesehatan

Inovasi Program Kesehatan Puskesmas Adirejo, “Posbindu Grebek Masjid”

UPTD Puskesmas Adirejo saat melakukan chek kesehatan masyarakat di Masjid Baiturraman Desa Gunung Sugih Kecil, Jabung (28/07)


Simaknews.com,  Jabung –  Upaya untuk terus meningkatkan kesejahteraaan dan kesehatan masyarakat, dalam hal ini Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kabupaten Lampung Timur terus melakukan inovasi dalam melaksanakan program-program kesehatanya.

Salah satunya adalah UPTD Puskesmas Adirejo. Untuk melakukan penjaringan kepada masyarakat yang terkena indikasi penyakit tidak menular, UPTD Puskesmas Adirejo melalui program Posbindu Grebek Masjid melaksanakan chek kesehatan secara gratis di Masjid Baiturrohman Desa Gunung Sugih Kecil Kecamatan Jabung Lampung Timur pada Jum'at, 28 Juli 2017. Kegiatan tersebut mengambil tema “Sehari Cermat - Sehat Hari ini Ceria Masa Tua”.

Kegiatan grebek masjid ini merupakan langkah Puskesmas Adirejo untuk identifikasi dini masyarakat dari serangan penyakit tidak menular, seperti Gula Darah, Hipertensi, Obesitas dan lain-lain. Semua warga yang terdaftar dicek tensi darah, tinggi badan dan berat badan bagi warga yang minimal berumur 15 tahun keatas.

"Antusias warga Desa Gunung Sugih Kecil sangat bagus, terlihat dari banyaknya warga yang mendaftarkan diri dan bersedia antre untuk cek kesehatan, saya sangat mendukung progam ini agar terus berlanjut", ungkap Joni Hendra Kades Gunung Sugih Kecil.

Supardi (57 th) salah satu warga yang ikut partisipasi dalam kegiatan tersebut merasa sangat terbantu "saya kalau harus datang ke Puskes kadang tidak sempat, kadang juga malas, dengan adanya kegiatan grebek Masjid ini warga menjadi sangat terbantu".

H. Suharto kepala UPTD Puskesmas Adirejo saat ditemui dalam kegiatan tersebut menyampaikan "Kegiatan grebek masjid ini masih langkah percobaan, dan hari ini masih perdana dilaksanakan, rencananya akan terus kami laksanakan setiap habis jumatan dan keliling disemua masjid".

"Kami juga punya niatan kedepan grebek masjid itu tidak hanya identifikasi penyakit saja tapi kami langsung mengadakan pengobatan, atau setidaknya ada pemberian vitamin pada saat itu", pungkasnya optimis.

Kegiatan grebek masjid ini akan dilaksanakan setiap habis shalat jum'at keliling disetiap masjid, kegiatan perdana ini diikuti 112 warga, sebanyak 20 orang menderita Hipertensi, dan 6 orang menderita Obesitas.

Dari 32 orang yang melakukan pemeriksaan Gula darah, terdapat 2 orang menderita gula darah tinggi. Dari hasil tersebut pihak Puskesmas Adirejo memberikan saran kepada warga supaya datang ke Puskesmas untuk menjalani pengobatan. (Ahmad Zulyan Rifai)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Puaskah anda terhadap Pembangunan Lampung timur saat ini?
  masih perlu banyak pembenahan
  puas
  Tidak Puas
  sangat tidak Puas
  Tidak Tau

Komentar Terakhir

  • Alat Tukang Kayu

    Biasanya kalau di desa itu masih banyak kayu-kayu berkualitas untuk dijadikan produk ...

    View Article
  • Toko Bunga

    Sebetulnya pasti masih banyak tempat yang bisa dieksplor di lampung selain tamannya, ...

    View Article
  • paper writing service review

    Wonderful article, a bunch of high-quality material. I’m going to point out to my ...

    View Article
  • Atap Rumah

    Semoga segera terealisasi nih janji dari Dinsos. Tapi pembangunan / rehap rumahnya ...

    View Article