HUT Ke-76, Wonokarto Sekampung Gelar Kegiatan Seni dan Budaya

Oleh TIM REDAKSI 02 Apr 2017, 08:47:55 WIBbudaya

HUT Ke-76, Wonokarto Sekampung Gelar Kegiatan Seni dan Budaya

Camat Sekampung Bersama perangkat desa, saat menghadiri kegiatan kesenianwayang kulit dalam rangka resepsi HUT Desa Wonokarto yang ke 76. Jumat 31 Maret 2017.


SIMAKNEWS.COM - Pemerintah Desa Wonokarto Kecamatan Sekampung Lampung Timur Menggelar berbagai kegiatan kesenian dalam rangka resepsi HUT Desa Wonokarto yang ke 76. Jumat 31 Maret 2017.

Salah satu kegiatan tersebut adalah pagelaran wayang kulit. Kegiatan diadakan di halaman balai Desa Wonokarto.

Dalam peringatan HUT Desa berbagai rangkaian kegiatan telah dilaksanakan sejak dua minggu yang lalu Mulai dari kompetisi sepak bola, Do’a bersama, Ziarah ke makam tokoh-tokoh masyarakat wonokarto, Upacara HUT Desa, Senam Ibu-ibu, dan ditutup dengan pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk.

Puncak kegiatan yaitu jumat malam. Acara tersebut dibuka dengan tarian seger pengunten, tari kreasi lampung dan tari remong untuk menyambut para tamu undangan.

Hadir dalam acar tersebut Camat beserta Jajaranya, Kapolsek, Danramil, kepala desa se Kecamatan Sekampung, dan masyarakat Wonokarto.

Kegiatan itu sangat diapresiasi oleh bapak Basuni selaku camat Sekampung, Khususnya dalam penampilan berbagai kesenian dan tari-tarian. Beliau berharap kepada seluruh lapisan masyarakat untuk saling mendukung dan bekerjasan dalam menjaga tradisi seperti ini.

Apalagi desa Wonokarto rencanaya akan ada sekolah pendidikan pertanian yaitu SMK Pertanian yang pertama kali ada di Kabupaten Lampung Timur.

“Saya berharap kepada masyarakat untuk ikut mendukung program pemerintah Desa Wonokarto diberbagai bidang baik bidang keamanan, budaya dan pendidikan. Tanpa dukungan masyarakat semua program pemerintah tidak akan terlaksana dengan baik,” katanya.

Ketua panitia Suprapto dalam sambutanya, desa Wonokarto berdiri pada 31 Maret 1941. Pada waktu itu Indonesia masih dalam kekuasaan Hindia Belanda. Nama Wonokarto tersebut diambil dari sejarah awal berdirinya desa tersebut yaitu pendatang yang besasal dari Wonogiri dan Surokarto (Surakarta) dari pulau jawa.

Berawal dari pendatang pulau jawa itulah masyarakat Wonokarto selalu mempertahankan tradisi pagelaran wayang kulit yang diikuti dengan ruatan desa.

Pagelaran wayang kulit tersebut mengambil Tema/Lakon “ Semar Bangun Desa” dengan dalang Ki Dalang Haryoko Kusumo,” dari Sribawono kabupaten Lampung Timur. (Faisal/sn)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Puaskah anda terhadap Pembangunan Lampung timur saat ini?
  masih perlu banyak pembenahan
  puas
  Tidak Puas
  sangat tidak Puas
  Tidak Tau

Komentar Terakhir

  • Alat Tukang Kayu

    Biasanya kalau di desa itu masih banyak kayu-kayu berkualitas untuk dijadikan produk ...

    View Article
  • Toko Bunga

    Sebetulnya pasti masih banyak tempat yang bisa dieksplor di lampung selain tamannya, ...

    View Article
  • paper writing service review

    Wonderful article, a bunch of high-quality material. I’m going to point out to my ...

    View Article
  • Atap Rumah

    Semoga segera terealisasi nih janji dari Dinsos. Tapi pembangunan / rehap rumahnya ...

    View Article