Gusdur, Sang Humor Penuh Kontroversi

Oleh TIM REDAKSI 23 Des 2017, 23:20:45 WIBOpini

Gusdur, Sang Humor Penuh Kontroversi

Ahmad Mustaqim, Mahasiswa PGMI IAIN Metro


Abdurrahman Wahid atau lebih akrab disapa Gus Dur adalah tokoh intelektual muslim dan Presiden Indonesia keempat setelah B.J Habibi. Gus Dur lahir di Jombang, Jawa Timur, 7 September 1940 dan meninggal di Jakarta pada tanggal 30 Desember 2009. Selain akrab dikenal sebagai Presiden, Gus Dur juga dikenal sebagai tokoh yang humoris dan penuh kotroversi.

Gus Dur sosok yang humoris, beberapa tulisan dan ucapan humornya sudah dibukukan, seperti yang penulis miliki, buku karya Burhani. MS, terbitan Zahra Book, Jombang. Buku tersebut memberikan berbagai tulisan humor baik itu joke dan anekdot. Lewat humor Gus Dur menyampaikan gagasannya dengan menarik. Seperti humor berjudul NU vs Muhammadiyah, menceritakan dua tokoh yang sedang sibuk memperdebatkan jumlah rakaat solat tarawih, kemudian datanglah seorang begajulan yang menengahi dengan solusi yang aneh, tak usah ribut solat tarawih, sebab itu hanyalah sunnah.

“Di sebuah Masjid sedang terjadi percecokan mengenai shalat Tarawih. Orang NU ngotot bahwa shalat Tarawih itu harus 20 rakaat. Sementara orang dari Muhammadiyah bersikeras bahwa shalat Tarawih hanya 8 rakaat. Kemudian tak berapa lama datang seorang begajulan mencoba menengahinya. "Mengapa sih harus diributkan? Duapuluh rakaat, boleh, delapan rakaat juga boleh, dan tidak shalat Tarawih pun juga boleh, lha wong hukumnya sunnah," katanya sambil nyekyoi pergi.” (Burhani. MS. 74)

Sebuah humor yang memberi pesan perdamaian bahwa tak perlu berdebat panjang tentang keyakinan yang sudah diyakini kebenarannya (dengan dalil yang juga kuat). Pesan humor yang memberi nasihat “Untuk apa beragama kalau masih bermusuhan”. Dalam beragama tak perlu untuk memaksakan sebuah kebenaran yang diyakini kepada mereka yang memang berbeda, apalagi sebatas sunnah yang hanya menjadi hak pribadi bagi mereka yang ingin menjalankannya. Bukankah perbedaan adalah karunia terbesar dari Tuhan?

Selain humoris, Gus Dur juga tokoh yang penuh kontroversi, gagasannya tentang pluralisme dan beberapa kegiatannya di lintas agama membuat dirinya selalu di sorot di negeri ini. Salah satu kontroversinya adalah saat ia menerima undangan berpidato di hadapan jamaah kristen di gereja. Kontroversi ini pun tak pernah dijelaskannya secara langsung. Meski begitu, poin penting dari kasus pidatonya di gereja ini (menurut KH. Ali Ma’sum) adalah “ Jika Gus Dur tidak mau di undang berceramah (di gereja). Kapan lagi orang di luar islam mau mendengarkan Al-Quran?” (nu.or.id).

Gagasan Gus Dur yang paling penting adalah tentang Islam, menurutnya Islam adalah sebuah benih. Islam adalah benih (murni) yang akan terus menyesuaikan dengan tanah keberadaannya untuk hidup. Islam adalah substansi, bukan budaya. Tak heran jika Gus Dur memiliki gagasan Pribumisasi Islam. Ia berpendapat “Islam datang bukan untuk mengubah budaya leluhur kita jadi budaya Arab. Bukan untuk aku jadi ana, sampeyan jadi antum, sedelur jadi akhi. Kita pertahankan milik kita, kita harus serap ajarannya, bukan budayanya”. 

Begitulah Gus Dur, sosok yang unik, beliau adalah politisi hebat, orang nomor satu (dimasanya), seorang ulama, seorang humoris bahkan seorang penulis aktif. Meski Gus Dur penuh kontroversi, tapi beliau adalah tokoh yang juga patut di teladani.

Penulis: Ahmad Mustaqim



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Puaskah anda terhadap Pembangunan Lampung timur saat ini?
  masih perlu banyak pembenahan
  puas
  Tidak Puas
  sangat tidak Puas
  Tidak Tau

Komentar Terakhir

  • Jamessen

    [url=https://vk.com/page-154763277_54149941]??????? ???? ?? ??????????? ? ???[/url] ...

    View Article
  • Gelas Unik

    Unik dan bagus sih tuh gelas ... tapi harganya itu lho. Ditambahin dikit saja udah ...

    View Article
  • KulRold

    Lump armpit brings discomfort, pain when moving. to Postpone visit doctors is not ...

    View Article
  • assignment expert

    Police trains would not work. To patrol areas, it would be ineffective, simply ...

    View Article