Geliat Perubahan Lampung Timur Dalam Literasi dan Komunitas Diskusi

Oleh TIM REDAKSI 06 Apr 2017, 09:47:24 WIBOpini

Geliat Perubahan Lampung Timur Dalam Literasi dan Komunitas Diskusi

Tymu Irawan (Aktifis Lamtim)


Geliat Perubahan Lampung Timur Dalam Literasi dan Komunitas Diskusi

oleh: Tymu Irawan (Aktifis Lamtim)

Banyak anggapan buku dan pustaka hanya untuk kaum pelajar atau akademisi yang berada di bangku sekolah atau perguruan tinggi. Tak heran jika minat baca masyarakat dan tingkat pendidikan sangat rendah. Di Lampung Timur, persepsi keliru itu pelan-pelan diubah. Sejumlah komunitas mulai hadir menggelar bacaan. Langkah kecil untuk membangun peradaban baru, dari oral ke literal.

Beberapa komunitas yang bertekat membangun dan memajukan Lampung Timurpun akan hadir menghiasi khasanah pembangunan. Kesadaran publik akan pentingnya edukasi dan informasi yang semakin maju perlu diimbangi dengan intelektualitas yang mumpuni juga.

Sebagai langkah awal pemuda di Jabung telah membentuk Himpunan Pemuda Jabung (HPJ) yang menggelar berbagai diskusi rutin lintas bidang permasalahan. Daerah yang dicap sebagai lahan kriminalitas itu kini berbanding terbalik dengan berbagai kreatifitas masyarakatnya yang menggelar acara rutin diskusi dan literasi yang membangun kesadaran para warganya dengan edukasi.

Tak kalah dengan yang lainnya beberapa pemuda di Kecamatan Purbolinggo tepatnya Desa Taman Endah juga membentuk komunitas edukasi yang bernama komunitas Belajar Luar Sekolah (BLUS). Komunitas ini sangat fokus dalam mencerdaskan anak anak usia sekolah dengan menumbuhkan minat membaca mereka. Berbagai konsep acara telah diusung oleh komunitas ini seperti Layar Inspirasi Anak, Gerobak pintar yang berupa pustaka keliling dan melestarikan permainan tradisional.

Di Metro Kibang sebagai daerah perbatasan antara Lampung Timur dengan Lampung Selatan juga terdapat komunitas dengan sebutan Komunitas Maiyah. Komunitas tersebut memadukan antara kesenian musik dengan acara diskusi yang mengedukasi masyarakat yang berada di kecamatan tersebut.

Begitu juga di daerah Batang Hari terdapat kelompok aktif mantan para TKI yang tergabung dalam Serikat Buruh Migran Indonesia juga melakukan edukasi dan pelatihan bagi para masyarakatnya dengan diskusi dan literasi. Komunitas inipun juga bergerak dalam usaha advokasi kaum buruh migran yang terkena kasus atau menjadi korban human traficking.

Selain itu komunitas ini dalam waktu dekat akan membentuk komunitas edukasi baru sebagai langkah mengenbangkan taman baca dan pendidikan menyenangkan bagi anak usia sekolah SD dan SMP. Komunitas yang akan di fokuskan pada literasi dan pemberdayaan ini diharapkan dapat ikut serta mencerdaskan bangsa dan membangun Lampung Timur yang lebih baik.

Berbagai kebaikan akan muncul di Kabupaten Lampung Timur sebagai bentuk kesadaran masyarakatnya dalam menyikapi pertumbuhan informasi dan tekhnologi yang semakin maju. Kini masyarakat dituntut untuk tanggap dan peka terhadap perubahan sosial yang ada dengan turut serta melakukan kebaikan berupa edukasi dan sosialisasi untuk pembangunan sumber daya manusia yang dikejar oleh kemajuan zaman.

Menumbuhkan jiwa literasi dan gemar membaca adalah salah satu alternatif yang harus dicoba sehingga nantinya akan terbentuk kelompok kelompok yang menjadi lumbung kebaikan yang ada di masyarakat. Perubahan yang mengarah pada kesadaran mayarakat akan pentingnya pengetahuan akan menjadi titik tujuan beberapa komunitas yang ada di beberapa daerah di Lampung Timur ini. Hal itu juga akan menumbuhkan jiwa kegotong royongan dan kebersamaan yang kuat untuk membangun segala aspek di Lampung Timur.

Kini genderang perubahan memasuki langkah awal untuk meningkatkan sumberdaya manusia yang ada di Kabupaten Lampung Timur. Lewat beberapa komunitas kebaikan yang terus disusul dari daerah lain yang berada di Lampung Timur akan menciptakan kerukunan dan kerja sama mengedikasi masyarakat.Tinggal menunggu bom kebaikan ini untuk disambut dengan dukungan pihak pemerintah.

Sehingga konsep kebaikan yang sudah dimulai ini akan menular kepada mayarakat di daerah lainnya lewat suport yang penuh dan fasilitas yang lengkap. Sehingga nantinya Lampung Timur tidak hanya mampu eksis di Provinsi Lampung saja bahkan dunia dengan berbagai kebaikan yang bermunculan.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Puaskah anda terhadap Pembangunan Lampung timur saat ini?
  masih perlu banyak pembenahan
  puas
  Tidak Puas
  sangat tidak Puas
  Tidak Tau

Komentar Terakhir

  • Alat Tukang Kayu

    Biasanya kalau di desa itu masih banyak kayu-kayu berkualitas untuk dijadikan produk ...

    View Article
  • Toko Bunga

    Sebetulnya pasti masih banyak tempat yang bisa dieksplor di lampung selain tamannya, ...

    View Article
  • paper writing service review

    Wonderful article, a bunch of high-quality material. I’m going to point out to my ...

    View Article
  • Atap Rumah

    Semoga segera terealisasi nih janji dari Dinsos. Tapi pembangunan / rehap rumahnya ...

    View Article