Dirikan Radio, SMAN 1 Melinting Bawa Misi Bangun Citra Positif di Kalangan Masyarakat

Oleh TIM REDAKSI 28 Mar 2017, 19:11:11 WIBPendidikan

Dirikan Radio, SMAN 1 Melinting Bawa Misi Bangun Citra Positif di Kalangan Masyarakat

Radio SMANSA Melinting berfrekuensi 107.8 Fm


SIMAKNEWS.COM. Kegiatan Ekstrakurikuler (ekskul) broadcasting SMAN 1 Melinting yang merupakan radio siaran komunitas pendidikan dengan nama suara SMANSA Melinting berfrekuensi 107.8 Fm. Radio ini pada awalnya didirikan awal Maret 2017, bertempat di SMAN 1 Melinting jalan Pangeran Paksa Desa Wana Kecamatan Melinting Lampung Timur, dengan jam siaran pukul 06.00 s/d 24.00 WIB.

Turut berpartisipasi dalam kegiatan siaran radio komunitas pendidikan ini antara lain siswa SMAN 1 Melinting yang mengikuti ekskul broadcasting, pembina Ekskul Bastomi M.Pd, dan dukungan Kepsek Drs. Nurjaya Rahman, M.Si.

Para Penyiar terdiri dari siswa yang telah mengikuti pelatihan kepenyiaran dan dinyatakan layak untuk siaran, siswa kelas X,XI,XII yang mempunyai minat dan bakat di bidang broadcasting, guru serta alumni SMAN 1 Melinting yang memiliki kreatifitas kepenyiaran juga dapat menjadi penyiar.

Kegiatan siaran radio komunitas pendidikan ini memberi bekal broadcasting terhadap siswa, agar mereka bisa menjadi penyiar radio dan televisi profesional.

Radio ini memiliki misi menjadi satu-satunya radio komunitas yang mampu mencerdaskan, mengembangkan bakat dan kemampuan broadcasting atau kepenyiaran siswa siswi SMAN 1 Melinting. Adapun visinya antara lain: 1). Mengedukasi siswa 2). Mengedukasi pendengar 3). Memfasilitasi kebutuhan atau kepenyiaran di Kecamatan Melinting dan sekitarnya.

Pemanfaatan radio siaran bagi khalayak luas dan beberapa layanan antara lain: talkshow, iklan layanan masyarakat, informasi ringan dan kuis.

Adanya radio siaran komunitas pendidikan ini bertujuan mengangkat nama Melinting. Selama ini Kecamatan Melinting dikenal dengan berita-berita yang negatif sehingga SMAN 1 Melinting berniat ingin berubah stigma tersebut dengan cara mendidik para penyiar radio dan televisi profesional yang menjadi kebanggaan Kecamatan Melinting.

"Untuk lebih memaksimalkan jangkauan pendengar, pengurus akan melakukan streaming, siaran radio ke internet sehingga siaran dapat didengarkan melalui Komputer, laptop atau android yang terkoneksi dengan internet," ujar Kepala SMAN 1 Melinting Nurjaya Rahman.

Dirinya menambahkan untuk awal streaming akan berlangganan bagi 50 pendengar sebagai uji coba penggunaan siaran.

"Apabila pengguna streaming sangat banyak bisa kemungkinan akan ditambahkan lagi jumlah pendengarnya," ungkap Bastomi yang juga pembina Ekskul broadcast. (Fathul/sn)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Puaskah anda terhadap Pembangunan Lampung timur saat ini?
  masih perlu banyak pembenahan
  puas
  Tidak Puas
  sangat tidak Puas
  Tidak Tau

Komentar Terakhir

  • Alat Tukang Kayu

    Biasanya kalau di desa itu masih banyak kayu-kayu berkualitas untuk dijadikan produk ...

    View Article
  • Toko Bunga

    Sebetulnya pasti masih banyak tempat yang bisa dieksplor di lampung selain tamannya, ...

    View Article
  • paper writing service review

    Wonderful article, a bunch of high-quality material. I’m going to point out to my ...

    View Article
  • Atap Rumah

    Semoga segera terealisasi nih janji dari Dinsos. Tapi pembangunan / rehap rumahnya ...

    View Article