Budidaya Lebah Madu, Solusi Warga Desa Rantau Jaya Udik Tambah Penghasilan.

Oleh Tedi 07 Sep 2017, 07:42:03 WIBEkonomi

Budidaya Lebah Madu, Solusi Warga Desa Rantau Jaya Udik Tambah Penghasilan.

pemilik penangkaran lebah madu sedang melakukan pembersihan


Simaknews.com, Sukadana - Masalah klasik yang dihadapi bangsa Indonesia bahkan dari dulu sampai sekarang belum dapat diselesaikan adalah soal pengangguran. Begitu juga di Lampung Timur, minimnya ketersediaan lapangan pekerjaan, semakin menambah pelik masalah pengangguran itu. Sehingga, tuntutan itu mendorong bagi setiap orang agar berinovasi mencari solusi dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Seperti yang dilakukan oleh kelompok WANA yang berada di Desa Rantau Jaya Udik 2 Kecamatan Sukadana, Lampung Timur. Untuk menambah penghasilan atau pendapatan, mereka melakukan budidaya lebah madu dan menjadikannya sebagai tambahan penghasilan bagi keluarga.

Ujang, salah satu anggota dari kelompok tersebut menilai bahwa budidaya lebah madu selain mendapatkan nilai ekonomi, usaha ini juga sekaligus langkah untuk menjaga kelestarian alam

.“Dengan cara budidaya lebah, kita sudah termasuk menjaga kelestarian alam. Dan yang paling penting, kita mendapat nilai ekonomi dengan menjual madunya. Harga madu asli tersebut berkisar 80 – 12 ribu / botol sedang, dan untuk botol kecil di jual 50rb /Botol”, ujarnya saat ditemui ditempat penangkaran lebah madu dirumahnya, Rabu (06/09).

Budidaya lebah madu miliki ujang terdapat 6 buah rumah, 4 berada di rumahnya dan yang 2 di tempatkan di sebagian tempat yang masih banyak bunganya. Menurutnya, rumah lebah dapat dipindahkan dimanapun selagi tempat tersebut masih memiliki makanan (Bunga) dan air.

“Tidak harus menguras waktu, hanya butuh beberapara menit untuk mengecek dan memantau kondisi lebah. Hal yang harus diperhatikan dalam ternak lebah adalah tempat yang rimbun atau pertebal box rumah lebah. Hindari suara keras atau keramaian, banyak pepohonan yang berbunga dan air yang ada di sekitar lebah”, ungkap bapak 1 anak tersebut.

Lebah madu mempunyai produk diantaranya adalah madu, lilin lebah, propolis, pollen (tepung sari), royal jeli, dan masing-masing kaya akan manfaat. Dahulu untuk mendapatkan semua itu, orang akan berburu ke hutan dengan membakar sarang agar lebah pergi dari sarangnya, kemudian dari sarang tersebut diambil madunya.

Desa Rantau Jaya Udik lokasinya  berbatasan langsung dengan hutan way kambas, yang notabene hutannya masih asri dan masih banyak pepohonan yang berbunga. Jadi budidaya lebah madu sangat berpotensi untuk dikembangkan disana. (Erlian)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Puaskah anda terhadap Pembangunan Lampung timur saat ini?
  masih perlu banyak pembenahan
  puas
  Tidak Puas
  sangat tidak Puas
  Tidak Tau

Komentar Terakhir

  • Alat Tukang Kayu

    Biasanya kalau di desa itu masih banyak kayu-kayu berkualitas untuk dijadikan produk ...

    View Article
  • Toko Bunga

    Sebetulnya pasti masih banyak tempat yang bisa dieksplor di lampung selain tamannya, ...

    View Article
  • paper writing service review

    Wonderful article, a bunch of high-quality material. I’m going to point out to my ...

    View Article
  • Atap Rumah

    Semoga segera terealisasi nih janji dari Dinsos. Tapi pembangunan / rehap rumahnya ...

    View Article