Belajar dari Pemuda Jabung

Oleh TIM REDAKSI 21 Feb 2017, 13:38:18 WIBOpini

Belajar dari Pemuda Jabung

Supendi, M.Pd.I (Pegiat Diskusi/Penyuka Buku)


SIMAKNEWS.COM - Nilai kemajuan suatu daerah tidak lepas dari image dan citra. Dibangun atas dasar kesadaran bersama, image justru mengantarkan pemiliknya menjadi percaya diri. Banyak daerah merasa rendah diri, karena justifikasi dari luar dirinya dan dipercayai secara massif oleh masyarakatnya sendiri, sehingga kesan eksklusifitas masyarakat di sebuah daerah membuat semakin terjerembab ke dalam lumpur peradaban.

Melihat geliat para pemuda di daerah yang selama ini mendapat stereotip negatif, semacam daerah rawan, daerah mbulak, sarang kejahatan, kandang penjahat, semakin menutup area luar untuk mengenal secara baik sisi lain sebuah wilayah. Jabung misalnya, berpikir soal kejahatan di manapun pasti ada, namun hari ini ada sisi lain dari Jabung yang tak kalah dari daerah lain, ternyata wilayah yang berada di ujung Lampung Timur ini menyimpan banyak potensi.

Informasi yang tidak berimbang itulah yang terjadi, gelombang informasi negatif menutupi segala bentuk potensi yang ada di dalamnya dan mengukuhkan daerah ini menjadi wilayah terisolir. Tak pernah ada hajat berlevel di daeah ini. Ada keengganan untuk melakukan aktifitas yang mencolok, bayang-bayang takut dan khawatir tidak sukses semakin menutup wilayah. Bahkan mendapat menantu dari wilayah ini saja adalah masalah, sedemikian hebat pengaruh stigma dan semakin menjauhkan wilayah ini dari investasi luar.

Namun, para pemuda Jabung hari ini membuktikan, tuduhan jahat yang selama ini menjadi momok tak sepenuhnya benar. Masih banyak potensi terpendam yang belum sempat tersampaikan. Baru-baru ini Jabung sukses menggelar Jabung Bersholawat, jutaan mata terbelalak mendengar kabar ini, ada nuansa tak percaya bahwa ada event berkelas di wilayah ini. Beberapa minggu yang lalu sebuah kafe cerdas atau Smart Coffe sebagai tempat berkreasi para pemuda sembari diskusi di luncurkan, untuk kesekian kali masyarakat masih belum percaya, namun ini adalah kenyataan informasi.

Di atas hanya beberapa contoh dari sekian banyak hal positif dari Jabung. Sudah saatnya tembok besar keterasingan ini dirubah, pasti keterbukaan ini juga akan merubah paradigma masyarakat yang ada di dalamnya.

Peran penting pemerintah, pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat secara umum yang merasa memiliki satu wilayah turut bahu membahu menjadikan setiap wilayah di Lampung Timur ini menjadi destinasi yang layak untuk di kunjungi. Ada beberapa syarat yang harus di penuhi; Pertama, adanya keinginan untuk memutus keterbelakangan dengan sebesar-besarnya membuka akses informasi sampai lapisan masyarakat paling bawah, hal ini dapat dilakukan dengan program-program pemerintah yang konsen pada keterbukaan informasi.

Kedua, memberikan fasilitas dan penghargaan bagi para pemuda yang memiliki potensi dan prestasi. Membangun mental sungguh tidak mudah, ada proses panjang dan tidak ada jalan pintas menuju kesana. Tak semuanya pemuda menganut azas hedonisme, masih banyak yang berharap menjadi baik pada masanya dengan dukungan semua pihak.

Ketiga, tempatkan event keren baik berskala daerah maupun nasional di wilayah yang selama ini dianggap tidak potensial, sekaligus memberikan kepercayaan dan apresiasi kepada para pemuda untuk berkarya. Mari belajar dari Jabung dan entaskan masyarakatnya dari menempatkan dirinya sendiri dalam kubangan keterpurukan.

Penulis : Supendi, M.Pd.I (Pegiat Diskusi/Penyuka Buku)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Puaskah anda terhadap Pembangunan Lampung timur saat ini?
  masih perlu banyak pembenahan
  puas
  Tidak Puas
  sangat tidak Puas
  Tidak Tau

Komentar Terakhir

  • Jasa Bangun Rumah

    Infonya sangat berguna bagi kami, Thank you. https://jasaseo.website | ...

    View Article
  • Poe Dameron The Last Jedi Jacket

    Thanks a lot for the kind of perfect topic I have not a lot of information about ...

    View Article
  • Eka octalia

    Thanks Simaknews.com .. semakin Jaya ...

    View Article
  • Justice League Jacket in Cheap Price

    Thanks for sharing this wonderful information. I definitely need to inform you that I ...

    View Article