2017 IAIN Metro Siap Miliki Gedung Iconic
Berita Pendidikan

Oleh TIM REDAKSI 31 Jan 2017, 09:50:49 WIBPendidikan

2017 IAIN Metro Siap Miliki Gedung Iconic


SIMAKNEWS.COM - Tahun ini 2017 STAIN Jurai Siwo Metro yang telah bertransformasi menjadi IAIN Metro segera membangun gedung baru seluas 4600 M2. Gedung ini rencananya sebagai salah satu gedung dengan konsep multi fungsi selain sebagai pusat administrasi juga sebagai tempat kuliah yang terintegrasi. Setelah melalui perencanaan gedung kuliah fakultas yang rencananya dibagun tiga lantai ini lengkap dengan mengadopsi green campus, responsif gender, serta menjadi iconic.

 

IAIN Metro yang baru-baru ini memperluas areal pendidikan menjadi kurang lebih 69000 M2 berkembang semakin signifikan termasuk dalam pembangunannya. Lampung Timur yang berbatasan langsung dengan Kota Metro segera menjadi pusat pendidikan IAIN Metro Lampung kedepan, beberapa pertimbangan adalah masih tersedianya lahan yang cukup untuk pengembangan kampus sesuai master plan hingga 2025.

 

Memperhatikan semakin besarnya minat masyarakat masuk ke IAIN Metro,  hal ini senantiasa direspon untuk selalu melakukan pembenahan dan pengembangan pada segala aspek. Diantara 14 prodi yang ada, rata-rata sudah terakreditasi B, aspek lain yang juga perlu dikembangkan sebagai impact dari besarnya minat masyarakat untuk kuliah di IAIN Metro adalah sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran serta meningkatkan daya tampung mahasiswa. 

 

Pembangunan yang berkelanjutan selain menjawab kebutuhan pembelajaran, secara ekonomi memiliki impact besar sebagai investasi berupa pendanaan pembangunan. Dibangunnya gedung Fakultas dan Gedung Perkuliahan pada IAIN Metro yang didanai melalui SBSN tahun 2017 ini optimis bisa meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar baik dari serapan tenaga kerja, kebutuhan konsumsi dan perdagangan.

 

Selain secara ekonomi penambahan sarana prasarana berupa pembangunan fasilitas kampus berupa gedung perkuliahan dipastikan akan juga memberikan dampak secara sosial dan lingkungan. Dengan dibangunnya gedung perkuliahan tentu akan berbanding lurus dengan bertambahnya daya tampung mahasiswa. Dengan bertambahnya daya tampung mahasiswa, maka secara sosial dan ekonomi akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar kampus.

 

Gedung yang berlokasi di Desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Lampung Timur  dan segera dibangun ini memiliki kapasitas 20 ruang kelas lengkap dengan mobilair dan lcd projector dan 25 ruang perkantoran lengkap dengan fasilitas mobiler dan perlengkapannya, diharapkan menjadi satu kampus terintegrasi yang memenuhi standar. Salah satu keunggulan gedung ini adalah dibangun dengan material berkualitas, didesaian dengan perpaduan antara kekayaan lokal dengan ciri khas kedaerahan, modern dan Islam. Ciri khas kedaerahan di tandai dengan jung, relief, dan ornament pada tiang sedangkan ciri khas modern adalah struktur bangunan, konsep desain minimalis pada beberapa arsitektur yang berpadu dengan nuansa Islam yang masuk pada desain arsitektur.  

 

Fasilitas tambahan yang yang menonjol adalah void yang tembus dari lantai dasar sampai lantai tiga, menariknya adalah gedung ini menghadirkan matahari langsung di tengah ruangan, dengan inner court yang hidup semakin membuat segar suasana serta mengurangi penggunaan daya listrik. Bagi penyandang cacat dan lansia disediakan ramp dengan kemiringan 12 derajat. Ruang terbuka, cahaya natural dari alam dan kemudahan akses salah satu tujuan dalam rencana tata ruang bangunan ini.

 

Sebagaimana isu strategis yang masuk dalam RPJM 2015-2019 adalah peningkatan manajemen guru dan penyelenggran pendidikan tenaga keguruan; pemberian akses dan peningkatan kualitas pendidikan tinggi, termasuk di dalamnya peningkatan pendidikan agama sebagai upaya pembentukan kepribadian manusia yang unggul dan bermental baik. Dengan bertambahnya gedung ini selain sebagai pemenuhan kebutuan daya tampung mahasiswa juga sebagai bentuk bangunan yang iconic. (Pendi/sn)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Puaskah anda terhadap Pembangunan Lampung timur saat ini?
  masih perlu banyak pembenahan
  puas
  Tidak Puas
  sangat tidak Puas
  Tidak Tau

Komentar Terakhir

  • RogerBaH

    [url=https://kwork.ru/links/215736/progon-sayta-khrumerom] ?????? ????? ????????[/url] ...

    View Article
  • SEO Companies in Karachi

    This type of landscape is described as so beautiful by people living in countries ...

    View Article
  • Harley Quinn Jacket

    This is the really great post. ...

    View Article
  • Liverpool

    Wow artikel luar biasa dan fantastis teman saya kerja bagus dan semoga sukses untuk ...

    View Article